MOZAIK ISLAM

Nabi Adam, Benarkah Tinggi Badannya Capai 25 Meter Lebih?

ASSAJIDIN.COM — Seperti kisah dalam Alquran yang ada, Nabi Adam diciptakan Allah SWT dari tanah. Seperti apakah ciri-ciri fisik Nabi Adam? Benarkah panjangnya mencapai belasan meter?

Adapun ciri-ciri Nabi Adam di antaranya memiliki tubuh setinggi 60 hasta. Hasta merupakan ukuran yang biasa digunakan oleh orang Arab. Satu hasta sama dengan 45,72 cm. Dengan demikian, 60 hasta sama dengan 27,432 meter, sebagaimana dibuktikan dalam hadits-hadits sahih. Di antaranya adalah hadits berikut:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ هَمَّامٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ خَلَقَ اللَّهُ آدَمَ عَلَى صُورَتِهِ طُولُهُ سِتُّونَ ذِرَاعًا فَلَمَّا خَلَقَهُ قَالَ اذْهَبْ فَسَلِّمْ عَلَى أُولَئِكَ النَّفَرِ مِنْ الْمَلَائِكَةِ جُلُوسٌ فَاسْتَمِعْ مَا يُحَيُّونَكَ فَإِنَّهَا تَحِيَّتُكَ وَتَحِيَّةُ ذُرِّيَّتِكَ فَقَالَ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ فَقَالُوا السَّلَامُ عَلَيْكَ وَرَحْمَةُ اللَّهِ فَزَادُوهُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ فَكُلُّ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ آدَمَ فَلَمْ يَزَلْ الْخَلْقُ يَنْقُصُ بَعْدُ حَتَّى الْآنَ

Lihat Juga :  Menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar secara Benar

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ja’far telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq dari Ma’mar dari Hammam dari [Abu Hurairah] dari Nabi SAW beliau bersabda, “Telah Allah cipta Adam dengan semua ciri fisiknya, tingginya enam puluh hasta. Selesai Allah menciptanya, Allah berfirman, “Sana pergi, dan ucapkanlah salam kepada malaikat yang duduk itu, dan dengarkan baik-baik bacaan salam mereka kepadamu, sebab itu sebagai salam penghormatanmu dan juga anak cucu keturunanmu.”

Adam mengucapkan “Assalamu’alaikum”. Para malaikat menjawab “Assalamu’alaika warohmatullah.” Dan mereka menambahnya lagi dengan “Wabarokaatuh.” Maka siapapun yang masuk surga, ciri fisiknya seperti Adam (tingginya enam puluh hasta), namun manusia semenjak jaman Adam, tingginya semakin berkurang hingga sekarang.” (HR Bukhari).

Lihat Juga :  Ustad Yusuf Mansur: Demi Allah tidak Ada yang Lebih Indah dari Suara Azan

Sementara itu, terkait penamaan Adam, bisa jadi karena beliau diciptakan dari tanah bumi, atau karena Adam berwarna, atau karena dia diciptakan dari berbagai unsur, atau karena Allah SWT menjadikannya baik dengan ruh yang dihembuskan ke dalam dirinya dan apa yang dikaruniainya berupa akal.

Adam memiliki kecerdasan yang membuatnya lebih utama daripada makhluk Allah SWT lainnya. Penciptaan Adam dilakukan pada hari Jumat.(*/sumber: republika)

Tags
Close
Close