KESEHATAN

Muslimah, Sayangi Dirimu dengan Rutin Cek Kesehatan untuk 6 Organ Tubuh ini

AsSAJIDIN.COM — Umumnya penyakit berat sulit disembuhkan karena terlambat diketahui oleh si empunya badan. Termasuk risiko-risiko yang dihadapi kaum perempuan alias muslimah.

Karena itu pemeriksaan fisik dan ginekologi sangat penting dilakukan setiap perempuan agar tetap sehat, terutama untuk organ-organ vital.

Berikut enam hal yang harus dicek dan waktu ideal pengecekannya, agar tubuh tetap sehat.

1. Payudara

Sesekali dalam sebulan, pengecekan payudara penting dilakukan. Kenali bentuknya dan waspadai jika ada yang aneh seperti benjolan, bengkak, ruam atau nyeri.

2. Kulit

Sebulan sekali, lakukan pengecekan pada kulit. Sebab kanker kulit dapat disembuhkan asal diketahui lebih awal. Waspada pada tahi lalat yang semakin bertambah.

Lihat Juga :  Perawakan Anak Pendek Biasa dan Anak Stunting, Apa Bedanya?

3. Lingkar pinggang

Setiap tiga hingga empat bulan sekali, ukur lingkar pinggang. Lemak disekitar perut berisiko pada penyakit stroke, jantung hingga diabetes.

4. Nadi

Sebulan sekali, cek denyut jantung. Denyut terlalu cepat bisa bertanda buruk pada masalah jantung.

5. Tinggi badan

Setahun sekali tak ada salahnya memeriksakan tinggi badan. Ini untuk mengetahui seberapa sehat tulang Anda. Berkurang tinggi badan berarti ada masalah pada kesehatan tulang.

6. Tekanan darah

Dua pekan sekali baik untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah. Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko hipertensi.(*/sumber:republika)

Tags
Close
Close