MUSLIMAH

Muslimah, Hati- hati Perilaku Tabarruj

ASSAJIDIN COM — Muslimah wajib memakai pakaian yang menutup aurat sesuai dengan yang telah diatur dalam syariah Islam.

Pada masa sekarang, telah banyak tersedia model dan jenis pakaian muslimah, dari yang klasik hingga yang trendy. Sayangnya, model pakaian muslimah yang trendi ini ada pula yang memunculkan kekhawatiran menyebabkan tabarruj yakni di antara maknanya adalah berlebihan dalam menampakkan perhiasan dan kecantikan

Agar perempuan muslimah terhindar dari tabarruj, ada baiknya mengetahui bentuk-bentuk tabarruj itu sendiri. Dikutip dari Sindonews, Ustadz Abdullah bin Taslim al-Buthoni MA. menjelaskan bentuk-bentuk tabarruj yang harus dijauhi oleh kaum muslimah ini.

Berikut bentuk-bentuk tabarruj tersebut:

1. Mengenakan jilbab yang tidak menutupi dan meliputi seluruh badan wanita, seperti jilbab yang diturunkan dari kedua pundak dan bukan dari atas kepala. Karena jilbab seperti ini akan membentuk/mencetak bagian atas tubuh wanita dan ini jelas bertentangan dengan jilbab yang sesuai syariat Islam.

Lihat Juga :  Kisah Perempuan Hebat, Putri Abu Bakar, Berperan Besar Membantu Hijrah Nabi ke Madinah

2. Memakai jilbab yang justru menjadi perhiasan bagi wanita yang mengenakannya.
Termasuk dalam hal ini adalah “jilbab gaul” atau “jilbab modis” yang banyak dipakai oleh perempuan muslimah di zaman ini, yang dihiasi dengan renda-renda, bordiran, hiasan-hiasan dan warna-warna yang jelas sangat menarik perhatian dan justru menjadikan jilbab yang dikenakannya sebagai perhiasan baginya.

3.Mengenakan jilbab dan pakaian yang tipis atau transparan.

4.Mengenakan jilbab/pakaian yang menggambarkan (bentuk) tubuh meskipun kainnya tidak tipis, seperti jilbab/pakaian yang ketat yang dikenakan oleh banyak kaum perempuan zaman sekarang, sehingga tergambar jelas postur dan anggota tubuh mereka.

5.Memakai minyak wangi saat berdandan keluar rumah.

6.Memakai pakaian yang menyerupai pakaian laki-laki.

Lihat Juga :  Delapan Tahun Berhijrah, Dina Lorenza Berbagi Pengalaman Spritual

7.Memakai pakaian syuhrah, yaitu pakaian yang modelnya berbeda dengan pakaian wanita pada umumnya, dengan tujuan untuk membanggakan diri dan populer. [*/Sumber: bincangmuslimah]

Tags
Close
Close