NASIONAL

Menag: Alhamdulillah tidak Ada Perbedaan, Hasil Sidang Isbat, Lebaran Kamis 13 Mei 2021

AsSAJIDIN.COM — Sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Selasa (11/3) memutuskan, Hari Raya Idul Fitri 1442 H jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

Sebelumnya Muhammadiyah terlebih dahulu telah mengumumkan hasil rukiyah juga di tanggal yang sama 13 April 2021.

Menurut Yaqut, pengamatan di 88 titik di 34 provinsi tidak ada yang melaporkan melihat hilal. “Alhamdulillah tidak ada perbedaan, Kita merayakan Hari Raya Idul Fitri secara bersama-sama,” katanya setelah sidang isbat yang disiarkan kanal YouTube Kemenag.

Pelaksanaan sidang Isbat terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 16.45 WIB berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Lihat Juga :  Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriyah, Jumat 24 April 2020

Setelah Maghrib, sidang isbat akan dipimpin menteri agama yang diawali dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal.

Karena pelaksanaan sidang isbat kali ini masih dalam situasi pandemi, maka tidak semua perwakilan hadir secara fisik di Kemenag.

Undangan sidang isbat dibatasi, hanya dihadiri menteri agama, wakil menteri agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR, serta sejumlah duta besar negara sahabat dan perwakilan organisasi kemasyarakatan. (*/sumber: kontan)

Tags
Close
Close