KELUARGA

Memaknai dan Meyakini Kalimat Kun Fayakun

AsSAJIDIN.COM — Arti kun fayakun mungkin sudah dipahami sebagian umat Islam. Pasalnya, istilah ini kerap ditemui dalam Al-Qur’an. Ungkapan ini merupakan bukti dari kekuasaan Allah SWT. Tidak ada yang tidak dapat dilakukan oleh-Nya.

Kalimat ini tentunya membuat setiap muslim percaya bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT. Saat kamu merasa mustahil keluar dari suatu masalah ataupun saat melakukan sesuatu, selain berusaha kamu hanya perlu berdoa kepada Allah SWT, maka tidak ada lagi yang mustahil.

Arti kun fayakun adalah tanda kebesaran dan kekuasaan Allah SWT. Saat Allah berkehendak terhadap terjadinya sesuatu, maka hal yang mustahil sekalipun akan terjadi. Hal ini mengajarkan kita untuk selalu berusaha dan berdoa kepada Allah SWT terhadap segala sesuatunya, karena jika Allah SWT telah berkehendak, tidak ada yang tidak mungkin.

Lihat Juga :  Minazzulumati Ilannuur, dari Kegelapan Menuju Cahaya, Makna dan Pengertiannya Berdasarkan Ayat Alquran
Jika Allah mampu mengubah siang dan malam, maka yakinlah bahwa Allah juga bisa mengubah lelahmu menjadi berkah. Sebab tidak ada yang mustahil bagi Allah.
Nalar kita terbatas, sedangkan skenario Allah tanpa batas. Pikiran kita sempit, sedangkan Rahmat Allah sangatlah luas. Jadi jangan batasi doa kita dengan menggunakan nalar dan pikiran, tapi berdoa lah dalam keadaan yakin, karena yang kita anggap mustahil, bisa dengan mudah Allah untuk mewujudkannya.
“Jika Rabb semesta alam telah mencintaimu dan membelamu, Dia akan tundukkan ciptaanNya untukmu, Meski dalam pandanganmu, hal itu mustahil.”
[Latha’if Qur’aniyah]
Jika kekuasaan dan kemampuan Allah meliputi segala sesuatu dan segala sesuatu akan terjadi dengan kehendak-Nya, lantas kenapa kita masih bersedih dan mudah putus asa?.
Karena sesuatu yang sulit bagi kita, tapi sangat mudah bagi Allah. Tidak mungkin bagi kita, sangat mungkin bagi Allah. Sebab, tak ada yang tak mustahil bagi Allah semuanya akan terjadi dengan kehendak-Nya. Maka dekatkan diri kita kepada Allahسبحانه وتعالى dan yakinlah akan kekuasaan-Nya.Wallahu A’lam bish showab. (*/berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button