PALEMBANG

Masjid dan Ruang Publik Rutin Dibersihkan dengan Desinfektan, Cegah Virus Corona

AsSAJIDIN.COM —¬†Antisipasi penularan Covid-19 yang sangat, Pemerintah Kota Palembang secara bertahap melakukan penyemprotan disinspektan di tempat ibadah, sekolah dan kantor pelayanan publik di lingkungan Pemerintahan Kota Palembang.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustida usai melakukan penyemprotan disinspektan di Masjid Ittihadiyah, Seduduk Putih Rabu (18/3/2020).

“Kita melakukan penyemprotan disinspektan, hal ini untuk antisipasi penularan Virus Corona. Kita lakukan di 18 kecamatan termasuk tempat ibadah seperti masjid, musholah, sekolah-sekolah, kantor pelayanan,” katanya.

Selain tempat ibadah, sekolah dan kantor pelayanan, pihaknya juga segera menyurati mall untuk melakukan penyemprotan juga. “Imbauan ini akan diteruskan ke instansi lain, kita akan buat surat edaran karena penyebaran virus ini sangat cepat, tempat keramaian seperti mall dan tempat keramaian lainnya akan diminta untuk melakukan hal yang sama,” katanya.

Lihat Juga :  Hukum Menunaikan Shalat Jumat saat Tersebarnya Wabah Menular¬†

Ia mengatakan, RSUD Bari pun telah diinstruksikan untuk melakukan penyemprotan disinspektan. Ini yang bisa dilakukan selain sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dan menjaga pola hidup sehat.

“Harapan kita virus itu tidak masuk ke wilayah kita, di Palembang sampai saat ini dari informasi yang diterima masih clear. Jadi masyarakat jangan panik, jaga kesehatan dan lingkungan, jika pun sakit segera berobat,” katanya.

Selain menyemprot disinspektan, pembersihan masjid juga rutin dilakukan. Fitrianti Agustinda telah melakukan gerakan bersih-bersih masjid di Masjid Agung, sebagai tindaklanjut dari intruksi Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Yusuf Kalla, tentang sosialisasi ke tempat ibadah berkaitan dengan kewaspadaan Covid-19 sekaligus bersih-bersih.

Lihat Juga :  Inilah Sikap Seorang Muslim yang Baik dalam Menghadapi Wabah Virus Corona

Setiap OPD, dibagi tugas masing-masing untuk membersihkan setiap sudut. Mulai dari drainase, tempat wudhu, sajadah, lantai hingga langit-langit masjid.

“Gerakan bersih-bersih masjid ini akan terus berlangsung di setiap masjid. Bahkan sudah dijadwalkan ada setiap pekannya,” katanya.

Bersih-bersih masjid bukan berarti Palembang sudah ada yang tersucpect virus tersebut, melainkan sebagai bentuk pencegahan. “Sampai sejauh ini Palembang kondusif aman, dan sampai sekarang belum ada yang terkena virus ini, ke depan jangan sampai ada yang terkena, semoga tidak ada yang terkena virus ini. Dan sampai sejauh ini Palembang tetap aman,” katanya. (*/sumber: maklumatnews.com/Kamayel Ar-Razi)

Tags
Close
Close