HAJI & UMROH

Masih Tunggu Info Pemerintah Arab Saudi, Banyak Jamaah Meminta Refund Dana Haji

ASSAJIDIN.COM – Masyarakat Indonesia masih dibuat dilema karena belum adanya keputusan dan kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi tentang pelaksanaan ibadah Haji dan Umroh bagi masyarakat Indonesia.

Kementerian Agama Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Humas Kemenag Sumsel H Saefudin Latief mengatakan saat ini belum ada perkembangan dan masih menunggu keputusan Arab Saudi, apakah Indonesia bisa mengirim jamaah haji tahun ini.

Tentunya, dengan tertunda kembali keberangkatan ibadah haji maupun umrah, ada beberapa jamaah menarik kembali dana yang telah dilunaskan kepada pelaku Travel Umroh.

“Pemerintah membuka ruang seluas luasnya bagi jemaah haji yang sudah melakukan pelunasan untuk menarik dana lunasnya, tidak ada ketentuan lainnya tergantung dari keputusan calon jamaah dan pelaku travel,” katanya, Selasa (23/02/2021)

Lihat Juga :  Berebut Sejengkal Kapling di Taman Surga [Kenangan Menunaikan Haji 2011]     

Sementara itu, Sama halnya dengan beberapa pelaku bisnis Travel Umroh di Kota Palembang, salah satunya pemilik Travel Megawisata, Salwaty mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan dari kerajaan saudi dan menyampaikan kepada para jamaah untuk mengikuti aturan yang ada.

“insyaalloh kita mengikuti aturan yang ada,”ucapnya.

Menanggapi para jamaah yang menarik kembali dana keberangkatan menuju Tanah Suci, pihaknya mengaku ada beberapa calon jamaah Megawisata yang menarik kembali dana keberangkatan yang telah di setor kepihaknya.

” Memang ada, Tetap kita kembalikan bila ada calon jamaah yang ingin refund, sedangkan untuk keberangkatan Haji kita masih menunggu informasi dari Kementerian Agama,”katanya. (*)

Penulis:tri jumartini

Tags
Close
Close