SYARIAT

Manfaat Bacaan Dzikir Pagi dan Petang

ASSAJIDIN.COM — Sebelumnya telah dijelaskan apa itu dzikir dan bacaan apa saja yang baik untuk diamalkan di pagi dan petang.

Berikut manfaat dari berdzikir pagi dan petang

1. Membuat hati menjadi tenang

Allah berfirman : ”Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lahhati menjadi tenteram.” (Ar Ra’d : 28). Banyak orang yang ketika mendapatkesulitan maka mereka mencari cara cara yang salah untuk dapat mencapaiketenangan hidup. Diantaranya dengan mendengarkan musik yang diharamkan Allah,meminum khamr atau bir atau obat terlarang lainnya.

Mereka berharap agar bisamendapatkan ketenangan. Yang mereka dapatkan bukanlah ketenangan yang hakiki,tetapi ketenangan yang semu. Karena cara cara yang mereka tempuh dilarang olehAllah dan Rasul Nya.Ingatlah firman Allah Jalla wa ’Ala di atas, sehingga bilakita mendapat musibah atau kesulitan yang membuat hati menjadi gundah, makaingatlah Allah, insya Allah hati menjadi tenang.

2. Mendapatkan pengampunan dan pahala yang besar

“Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah Telahmenyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Al Ahzab : 35)

3. Dengan mengingat Allah, maka Allah akan ingat kepada kita

Allah berfirman: “Karena itu, ingatlah kamu kepada Ku, niscayaAku ingat (pula) kepadamu (dengan memberikan rahmat dan pengampunan)”. (AlBaqarah : 152)

Lihat Juga :  10 Kiat Wafat Husnul Khatimah

4. Dzikir itu diperintahkan oleh Allah agar kita berdzikir sebanyak banyaknya

Firman Allah ‘Azza waJalla : “Hai orang orang yang beriman,berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak banyaknya. Danbertasbihlah kepada Nya di waktu pagi dan petang.” (Al Ahzab : 41 42)

5. Banyak menyebut nama Allah akan menjadikan kita beruntung

“Dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.”(Al Anfal : 45)
Pada Al Qur’an dan terjemahan cetakan Al Haramain terdapat footnote bahwamenyebut nama Allah sebanyak banyaknya, maksudnya adalah memperbanyak dzikirdan doa.

6. Dzikir kepada Allah merupakan pembeda antara orang mukmin dan munafik

Karena sifat orang munafik adalah tidak mau berdzikir kepada Allah kecuali hanya sedikit saja. (Khalid Al Husainan, Aktsaru min Alfi Sunnatin fil Yaum wal Lailah, Daar Balansiyah lin Nasyr wat Tauzi’, Riyadh, Terj. Zaki Rahmawan, Lebih dari 1000 Amalan Sunnah Dalam Sehari Semalam, Pustaka Imam Asy Syafi’i, Bogor, Cetakan I, Juni 2004 M, hal. 158).

Allah berfirman: “Sesungguhnya orang orang munafik itu menipuAllah dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untukshalat, mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya’ (dengan shalat) dihadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.”(An Nisaa’ : 142)

Lihat Juga :  Kerjaan Rumah Tangga Seperti tak Habis-habis? Bacalah Dzikir ini

7. Dzikir merupakan amal ibadah yang paling mudah dilakukan.

Banyak amal ibadah yangsebetulnya mudah untuk kita lakukan. Semisal :

Membaca basmillah ketika akan makan / minum
Membaca doa keluar / masuk kamar mandi
Membaca dzikir dzikir sewaktu pagi dan petang
Membaca doa keluar / masuk rumah
Membaca doa ketika turun hujan
Membaca dzikir setelah hujan turun
Membaca doa ketika berjalan menuju masjid
Membaca dzikir ketika masuk / keluar masjid
Membaca hamdalah ketika bersin
Membaca dzikir dzikir ketika akan tidur
Membaca doa ketika bangun tidur dll.

8. Selalu berbuat baik

Setelah berdzikir tentu kita diminta untuk terus berbuat baik kepada siapapun dengan amal soleh. Dzikir adalah pintu mengetuk “langit dan ketika masuk, mari berbuat amal kebaikan. semoga Allah meridhoi kita semua aamin ya robbal alamin. (*/Sumber; dalam islam)
Sampai jumpa di artikelberikutnya, terima kasih

Tags
Close