KALAM

Hikmah dan Makna Sepulang Berhaji

Oleh: Sukardi SThI
Fasilitator Paham Qurani
Menunaikan ibadah haji bagi yang mampu ada dalam Rukun Islam kelima.  Manusia selalu diingatkan Allah untuk selalu bertakwa kepada Allah melalui ritual rukun haji atau rukun umrah. Sebaik-baiknya bekal haji dan umrah adalah bertakwa kepada Allah dan menggunakan akal.
Firman Allah
Artinya: “(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, Barang siapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan Haji, Maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, Niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, Dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepadaKu Hai orang-orang yang berakal” (Al Qur’an surat Al Baqarah 02) ayat 197).
Hadits nabi SAW: Artinya: “Wahai sekalian manusia sesungguhnya Allah telah mewajibkan haji kepada kamu sekalian, oleh karena itu maka berhajilah.”
Ada seorang laki-laki bertanya : Apakah setiap tahun wahai Rasulullah ? Berliau terdiam, sampai mengucapkannya tiga kali, kemudian bersabda :
“Seandainya saya mengatakan “Ya” berarti saya mewajibkannya Dan niscaya kamu sekalian tidak mampu.” Beliau terus bersabda : Tinggalkanlah apa yang tidak saya perintahkan, Sesungguhnya umat-umat sebelum kamu sekalian itu binasa Karena banyaknya pertanyaan dan karena mereka berselisih dengan nabi-nabinya.
Oleh karena itu jika saya memerintahkan sesuatu kepadamu maka laksanakanlah Sekuat tenaga, dan jika saya melarang sesuatu maka tinggalkanlah.”
Orang-orang yang berada di daerah rukun haji tidak sama dengan orang yang bertakwa. Rukun haji tidak sama dengan orang-orang Yang bertakwa orang-orang bertakwa tidak sama dengan orang-orang Arab.
Firman Allah SWT Artinya: “Apakah (orang-orang) yang memberi minuman Kepada orang-orang yang mengerjakan haji dan mengurus Masjidil haram, Kamu samakan dengan orang-orang yang beriman kepada Allah Dan hari kemudian serta berjihad di jalan Allah. Mereka tidak sama di sisi Allah; Dan Allah tidak memberikan petunjuk kepada kaum yang zalim” (Al Qur’an suratAtTaubah (09) ayat 19).
Artinya: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki Dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa.
Dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah Orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” (Al Qur’an surat Al Hujuraat (49) ayat 13).
Bagaimana ciri takwa itu: Iyalah orang yang mengerjakan perintah Allah dan berbuat kebaikan
Alquran Surat Ali Imran : 133-134 yang artinya :

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,

Lihat Juga :  Ada yang Mengaku Nabi ke-26, Imam Besar Masjid Agung Palembang Himbau Umat Islam Jangan Ambil Pusing

Surat Ali ‘Imran Ayat 134

لَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Ayat diatas merupakan ayat yang memberi kabar gembira bagi orang-orang bertakwa yang akan mendapatkan ampunan dari ALLAH dan balasan surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Yaitu orang-orang yang gemar bersedekah dikala lapang dan sempit, orang yang menahan marahnya dan mudah memafkan, dan orang yang berbuat kebajikan.

Diharapkan dengan mengerjakan umrah atau ketakwaan manusia akan terpelihara dari waktu ke waktu agar dapat mewujudkan kehidupan manusia yang islami yaitu : selamat sejahatera rukun damai, aman tentram, tenang dan bahagia. selalu memohon ampun,  sedekah dalam sempat dan sempit, memaafkan orang lain, menahan amarah, berbuat baik sebagai wujud takwa. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button