KELUARGA

Lezatnya Kue Gandus Kuliner Khas Palembang, Begini Cara Membuatnya

AsSAJIDIN.COM — Kue Gandus menjadi kudapan sejak zaman dahulu di Palembang. Makanan khas berasa gurih ini sudah jarang ditemukan dan perlu terus dilestarikan.

Tidak banyak orang yang bisa memasak Kue Gandus. Saat ingin menikmatinya, kebanyakan oranh akan membelinya di pasar tradisional atau di tempat jualan sarapan pagi dan itupun tidak banyak orang menjualnya.

Kue Gandus berwarna putih, kebanyakan dibuat berbentuk bulat. Ia memiliki tekstur kenyal dan lembut. Warna putih gandus berasal dari bahan utama tepung beras yang diadon bersama tepung tapioka.

Toping irisan cabai, taburan ebi atau udang goreng dan bawang goreng menambah nilai estetika pada menu khas Bumi Sriwijaya ini. Tak lupa potongan daun kucai makin mempercantik sajian Gandus.

Wajar saja saat mencicipi gandus ada rasa pedas di lidah. Kendati kue gandus merupakan menu asli Kota Pempek, kini cukup sulit menemukan gandus terjual di toko kue. Pasalnya gandus termasuk sajian langka yang patut dilestarikan agar tetap menjadi resep turun menurun.

Lihat Juga :  Anak Bertanya Soal Tsunami? Ini Tips Cara Menjelaskannya

Pelestari kue gandus di Palembang sekaligus pemilik Dapur Dila Titik, Sutina mengatakan, banyak generasi muda tidak tahu cara memasak gandus dan bahkan tak mengetahui bahwa Palembang memiliki kue berbentuk seperti mangkung kecil itu.

“Karena Kue Gandus memang mulai langka. Kebanyakan yang tau membuatnya adalah orangtua,” katanya.

Selain gandus, Dapur Dila Titik di Jalan Slamet Riyadi Lorong Pencak Istri, Kuto, Palembang, banyak menjual makanan khas lainnya. Seperti kue basah dan ragam sajian Pempek sejak tahun 2018. Dijual mulai harga Rp1.000 per buah, dalam sehari gandus Dapur Dila Titik laku hingga 500 kue.

“Daerah Kuto memang banyak pelestari kue khas Palembang. Resepnya turun menurun dari nenek moyang,” katanya.

Berbeda dengan menu khas Bumi Sriwijaya lain yang terasa manis, gurih kue gandus membuat makanan ini lebih sering dipesan saat gelaran acara.

Lihat Juga :  Dosa Ini Bisa Jadi Menjadi Penghalang Datangnya Rezeki

“Karena gurih, jadi Gandus lebih favorit. Karena kebanyakan kue-kue Palembang rasanya manis seperti Maksuba dan Kue 8 jam,” katanya.

Berikut bahan dan resep Kue Gandus:

BAHAN
Tepung beras 1 bungkus / 500gr
Tepung tapioka 100gr
Santan 1000cc
Air dingin 400cc
Air panas 400c
Ebi 100gr
Daun kucai 1ikat
Bawang goreng 100gr
Irisan cabai merah

CARA MEMBUAT
1. Tepung beras dan tapioka di campur menjadi satu
2. Kemudian beri air dingin, di aduk sampai rata/menjadi satu, lalu di beri air panas
3. Setelah selesai diaduk, tambah garam dan air santan lalu dikukus, sampai 30 menit
4. Sesudah dikukus 30 menit, angkat gandus dan tambah toping (Ebi, Daun kucai, Bawang goreng, irisan cabe merah ) secukupnya
5. Setelah semua selesai, gandus siap dihidangkan. (pitria)

Tags
Close
Close