LIFESTYLE

Kunci Melembutkan Hati

ASSAJIDIN.COM — Qolbu atau hati adalah pusat pengendalian diri. Hati yang lembut menjadikan pikiran dan perilaku yang insyaallah terkendali dan berakhlakul karimah.

Maka penting  untuk terus menjaga hati. Berikut tips menjaga hati tetap lembut. Tips ini dibagikan KH Abdullah Gymnastiar di akun facebooknya:

1. Peka terhadap sekitar kita

Kunci agar memiliki hati yang peka adalah lebih sering lihat ke bawah dan sesekali lihat kea  kemudian bergaul dan peduli dengan saudara kita yang dhuafa dan yang dilanda musibah.

2. Menginginkan keselamatan kepada orang lain.

Keinginan yang muncul saat melihat orang yang berbuat salah ingin segera membantu memperbaikinya, keinginan untuk melihat semuanya menjadi baik.

Lihat Juga :  Makna Berhaji dalam Rukun Islam

3. Action

Selanjutnya adalah aksi yang dilandaskan niat Lillahi Ta’ala.
Tanpa ingin dipuji, ingin diakui oleh makhluk, tapi sepenuhnya Lillahi Ta’ala berharap Alloh ridha.

Sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam

“Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.” (Q.S At-Taubah ayat 128)

Sahabat yang baik, Hati hanya bisa disentuh dengan hati. Hati yang bagaimana? Yaitu hati yang lembut, tulus dan penuh dengan kasih sayang.(*)

Close