BERITA TERKINIISLAMIC SCHOOL

Kuliah Gratis, Hingga Rumah Tahfidz  Ala Universitas IBA …!

Dr. Tarech Rasyid,Rektor Universitas IBA Palembang 2020-2024

AsSajidin.com—Setelah resmi dilantik untuk menahkodai Universitas IBA Palembang 2020-2024, Dr. Tarech Rasyid, M.Si langsung di cecar pelbagai pertanyaan oleh sejumlah kalangan. Dengan tegas Ia mengatakan “Kuliah Gratis, Hingga Rumah Tahfidz “ akan menjadi terobosan awal kepemimpinannya untuk menciptakan para sarjana yang bertanggung jawab, tidak hanya untuk dunianya akan tetapi untuk akhiratnya.

“ Menyandang gelar ilmu itu sungguh berat. Sebagai tenaga pengajar, kita akan dimintakan pertanggung jawaban kelak. Oleh sebab itu, saya ingin para sarjana yang lulus dari kampus ini benar-benar mampu mengaplikasikan ilmunya untuk bermanfaat bagi umat,”katanya membuka perbincangan.

Kepada AsSajidin, Dr. Tarech mengatakan jika sesuai dengan visi misi Universitas IBA yang ingin melakukan perubahan untuk menjadi universitas unggul, berjiwa entrepreneur dilandasi oleh nilai-nilai religius maka dirinya di tuntut untuk mampu menumbuhkan nilai nilai dari pendiri yayasan yakni almarhum Bayumi Wahab dan Asyayidah.

“Kita akan mengkonkretkan visi misi itu untuk mata kuliah yang ada di kurikulum. Diantaranya dengan mata kuliah kewirausahaan, dan pastinya mata kuliah Pancasila. Untuk meningkatkan nilai religius, mata kuliah agama dan kita akan mewujudkan asrama tahfidz Universitas IBA. Sementara untuk membangun semangat mencintai tanah air. Insya Allah kita akan bangun komunikasi bersama TNI,”ungkapnya.

Lihat Juga :  Kebiasaan Dude Herlino Memperdengarkan Al Quran kepada Anak, Hasilnya Bikin Hati Bergetar

“Jadi kedepan, kita akan integrasikan antara kegiatan asrama tahfidz, kegiatan masjid dengan kegiatan Universitas IBA, saya ingin semua bermula dari masjid. Kita akan buka nanti pasar mahasiswa namanya untuk melatih jiwa entrepreneur mahasiswa agar mereka mampu membangun keperayaan diri untuk berwirausaha,”urainya.

Disinggung mengenai semua terobosan yang akan di lakukannya kedepan untuk Universitas IBA Palembang, Ia mengatakan jika tujuan akhir dari semua itu adalah proses pendidikan yang bermuara pada 9 wilayah yang akan digarap dengan metode kampus merdeka .

Maksudnya adalah bagaimana kita mengakomodir  hak mahasiswa untuk belajar. Misalnya, ada hak mahasiswa selama satu semester untuk belajar. Haknya itu adalah misal mengambil jurusan ekonomi, nah pada semester kedua bisa belajar ilmu hukum, sehingga mereka di kampus tersebut bisa mengeskplor ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan. Sementara untuk biaya perkuliahan, dirinya berjanji akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dengan pengembalian full biaya yang dikeluarkan alias gratis.

Lihat Juga :  Periset Eropa : Islam Bukanlah Antitesa Barat

“Kami berharap mahasiswa IBA ke depan berkaitan dengan visi misi tersebut memiliki dasar-dasar moral yang kuat. Kita juga dorong mereka untuk terus berprestasi, sehingga dengan begitu akan lahir sarjana enterpreneur yang memiliki rasa jiwa bangsa religius dan juga memiliki nilai nilai moral yang kuat. Tentu yang terpenting dalam hal ini berakhlak mulia,” ujarnya seraya meminta doa dan dukungan agar rencana pembangunan asrama tahfidz pada 2021 mendatang dapat terwujud tanpa adanya kendala. ( Jemmy Saputera)

 

Close