HAJI & UMROH

Kloter 1 Debarkasi Palembang Dijadwalkan Tiba Senin 27 Agustus Pukul 22.00

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COM – Malam ini, Senin (27/8), Kloter 1 Jemaah Haji Asal Sumsel akan pulang ke Palembang. Kakanwil Kemenag Sumsel, Alfajri Zabidi melalui Humas PPIH Embarkasi Palembang, Saefudin mengatakan, bahwa hari ini yaitu Senin (27/8) Jemaah haji kloter pertama asal Sumsel akan tiba di Palembang.
“Total ada sebanyak 450 Jemaah, terdiri dari 445 Jemaah haji dan lima petugas haji. Jemaah haji akan dipulangkan dari Jeddah ke Palembang,” ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (26/8).

Lebih lanjut ia menjelaskan, Jemaah Haji kloter satu ini asal OKU Timur dan Lubuklinggau. Para Jemaah Haji akan diterbangkan dari Jeddah pukul 8.15 dan akan tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II pukul 21.55.
Nanti yang akan menyambut jemaah haji kloter pertama ini Kakanwil Kemenag Sumsel, Alfajri Zabidi dan segenap panitia. Sedangkan dari Pemerintahan Provinsi Sumselnya direncanakan Karo Kesejahteraan Rakyat.
“Kami mengimbau kepada keluarga yang mau menjemput agar tertib, demi kenyamanan dan keamanan jemaah. Nanti jemputnya di Asrama Haji Palembang,” katanya.

Lihat Juga :  Kesempatan Menjadi Petugas Haji, Pendaftaran Sudah Dibuka

Ia pun menambahkan, untuk jadwal kepulangan jamaah haji ini dibagi dua gelombang. Gelombang pertama mulai tanggal 27 Agustus hingga 7 September dan gelombang kedua mulai tanggal 9 September hingga 24 September mendatang.  “Untuk gelombang pertama kloter satu sampai sembilang dan gelombang kedua kloter 10 sampai 19. Masing-masing kloter memulangkan 450 Jamaah, kecuali kloter 19 yang hanya 115 Jamaah,” jelasnya.

Saat ini jemaah kloter 1 sudah bersiap pulang ke tanah air. Sedangkan jemaah lain masih berada di Mekkah untuk melaksanakan ibadah.

Masjidil haram betul-betul padat disebabkan para jemaah akan melaksanakan tawaf ifadah dan tawaf wada. Sistem buka tutup akses ke pelataran kakbah diberlakukan untuk mengantipasi kepadatan pada saat pelaksanaan tawaf di Masjidil Haram terutama untuk di areal pelataran kakbah. Untuk jemaah yang tidak tertampung dipelataran diarahkan ke arah lantai atas melalui tangga naik satu arah sampai lantai atas.
Untuk menyelesaikan proses tawaf diperlukan 7 putaran dengan waktu sekitar 1 jam lebih di areal pelataran.

Lihat Juga :  Setengah Juta WNI Insyaallah Tetap Bisa Berhaji Tahun ini

Sementara kloter 10 asal Sumsel, yang termasuk kloter yang diberangkatkan gelombang kedua, usai melaksanakan tawaf wada, akan menuju Madinah pada 31 Agustus mendatang. (*/Rilis)

Close
Close