SYARIAT

Khutbah Jumat: Renungan, Apakah Kita Benar-benar Mencintai Rasulullah? Apa yang Sudah Kita Lakukan?

ASSAJIDIN.COM — Tak diragukan lagi kecintaan Rasulullah, Nabi Muhammad SAW terhadap umatnya mulai dari semasa Beliau hidup hingga akhir hayatnya, bahkan ketika hari kiamat kelak, Rasulullah mencari umatnya untuk diberikan syafaat.

Ustadz Fikri Irawan, S.Kom Al Hafidz dalam khotbah jumat di Masjid Kompleks SDIT Al Furqon, Palembang, Jumat, 23 Oktober 2020, justru mempertanyakan sebaliknya, apakah umat islam itu sendiri sampai sekarang ini, mencintai Rasulullah yang telah lama mencintai umatnya.

Dalam sebuah hadist, kata Ustadz Fikri, Rasulullah menyatakan dirinya mencintai saudara umat islam yang datang kemudian sepeninggal dirinya. Sahabat yang mendengar langsung bertanya,” apakah kami ini bukan saudaramu ya…Rasulullah. Nabi Muhammad langsung menjawab, “ kamu adalah memang sahabat saya, tapi saya sangat cinta saudara-saudaraku yang mencintai aku , padahal mereka tidak melihatku. “

Lihat Juga :  Tips dari Rasulullah agar Umatnya tak Jenuh Menimba Ilmu Alquran (Agama)

Dalam khotbahnya, ustadz pengajar SDIT Al Furqon Palembang yang hafal Alquran ini selanjutnya mengungkapkan ada 6 ciri orang-orang yang bisa dikategorikan sebagai orang yang mencintai rasulullah.

Pertama adalah orang-orang yang selalu menjalankan sunnah rasul dalam kehidupan sehari-harinya.

Kedua adalah orang yang selalu menyebut-nyebut nama rasulullah dengan banyak bersholawat, sedangan yang Ciri Ketiga adalah mencintai orang-orang yang mencintai Rasulullah seperti cinta keluarga dan sahabat rasulullah.

Keempat adalah orang yang selalu mentaati perintah Allah, Kelima adalah orang-orang yang gemar membaca dan mentadaburi Alquran dan terakhir yang ciri Keenam adalah orang-orang yang mencintai seluruh manusia dan kemanusiaan tanpa pandang ras dan agama.

Dengan 6 ciri tersebut, ustadz Fikri mengajak jamaah sholat jumat untuk lebih mengoreksi diri akan 6 ciri itu ada pada diri kita masing-masing.

Lihat Juga :  Aduhai  Indahnya Pahala Masih Terus Berjalan  

“Mari kita manfaatkan sisa-sisa umur untuk terus meningkatkan ketakwaan kepada Allah,” ucapnya menutup khotbah.(*/sumber: maklumatnews.com)

Tags
Close