SYARIAH

Keutamaan Doa Setelah Wudhu

ASSAJIDIN.COM — Setelah selesai melakukan wudhu secara berurutan dan membaca doa wudhu lengkap, berikut adalah bacaan doa setelah wudhu yang bisa sahabat Dream amalkan:

Doa Setelah Wudhu Singkat Sesuai Hadis, Fadhilah Dibukakan Delapan Pintu Surga
اشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiina.

Artinya: “ Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusanNya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang sholeh.”

Lihat Juga :  Masya Allah, Orang Takwa Dijamin Allah Dapat 14 Hal ini di Dunia

Setelah mengetahui bacaan doa yang dilafalkan saat berwudhu, sahabat Dream juga perlu mengetahui adab-adab saat berwudhu. Mengingat bahwa Islam sangat mengutamakan dalam hal adab sebagai bagian dari ajaran agama Islam. Bahkan adab pun diterapkan dalam berbagai aktivitas manusia, tak terkecuali saat berwudhu. Berikut adalah beberapa adab saat berwudhu sebagaimana dikutip dari umma.id:

Memilih Sumber Air Wudhu
Adab yang pertama adalah memilih sumber air wudhu. Pastikan sahabat Dream mendapatkan air yang bersih dan jernih. Jika di perjalanan, maka sahabat Dream bisa mencari mushola maupun masjid untuk mendapatkan air wudhu yang bersih sekaligus bisa langsung sholat di tempat tersebut. Di dalam Al-Quran pun turut dijelaskan terkait dengan air yang mensucikan dan bisa menghilangkan seseorang dari gangguan setan melalui surat Al-Anfal ayat 11 berikut:

Lihat Juga :  Keutamaan Menjaga Wudhu

Bacaan Doa Sebelum Wudhu dan Tata Cara Berwudhu yang Sesuai Ajaran Islam
اِذْ يُغَشِّيْكُمُ النُّعَاسَ اَمَنَةً مِّنْهُ وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُمْ مِّنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً لِّيُطَهِّرَكُمْ بِهٖ وَيُذْهِبَ عَنْكُمْ رِجْزَ الشَّيْطٰنِ وَلِيَرْبِطَ عَلٰى قُلُوْبِكُمْ وَيُثَبِّتَ بِهِ الْاَقْدَامَۗ

Artinya: “ (Ingatlah), ketika Allah membuat kamu mengantuk untuk memberi ketenteraman dari-Nya, dan Allah menurunkan air (hujan) dari langit kepadamu untuk menyucikan kamu dengan (hujan) itu dan menghilangkan gangguan-gangguan setan dari dirimu dan untuk menguatkan hatimu serta memperteguh telapak kakimu (teguh pendirian).” (QS. Al-Anfal: 11). (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button