MOZAIK ISLAM

Kembali Kepada Allah, Kaji Diri Sendiri Hadapi Berbagai Masalah Termasuk PPKM

 

“Jikalau sekiranya penduduk negeri negeri beriman dan bertakwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat kami) itu, maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya,”QS Al-A’raf / 7:96

AsSAJIDIN.COM – Beberapa terakhir ini, dari tahun Ke tahun. Negeri Indonesia memiliki masalah dan cobaan yang tiada henti. Dimulai dari banyaknya masyarakat terpapar virus Covid 19 di Indonesia serta diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Sejak 9 Juli 2021 dibeberapa daerah yang memiliki kasus Covid19 tertinggi.

Sebagai umat islam yang tunduk patuh dengan aturan, dengan diperintahkan oleh Allah pada surah Annisa ayat 59 yang berbunyi “Wahai orang orang yang berimantaatilah Allah dan taatilah rasul (Nya) dan ulil amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan rasul (sunnahnya) jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya,”QS 4 ayat 59.

Lihat Juga :  Manfaat Membiasakan Anak Subuh Berjamaah di Masjid Sejak Dini

Sejak diberlakukannya PPKM di Indonesia, terdapat banyak muncul perbedaan benar atau salah antara pemerintah dan rakyat.

Melihat hal tersebut, Ustadz Fauzan Tohir mengajak bersama sama untuk kembali kepada Allah (Al Qur’an) dan rasul (sunnahnya) karena semua yang berada di muka bumi maupun langit adalah milik Allah.

Sebagaimana disebut dalam Al Qur’an surah 3:109 ‘Kepunyaan Allahlah segala yang ada di langit dan di bumi. Dan kepada Allahlah dikembalikan segala urusan’.

“Apa yang terjadi di langit dan bumi semua milik Allah termasuk kejadian virus ini, semua milik Allah. Dalam menyikapi urusan ini kita tidak perlu berbicara siapa yang salah dan benar. Karena kebenaran, haknya milik Allah, yang terjadi saat ini dibumi semua kehendak Allah,”katanya.

Ia mengatakan, dalam mengatasi ujian yang diberikam Allah itu kembali kepada ummat dalam menanggapi berbagai masalah. Karena semua kejadian adalah ujian buat kita. “Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (yaitu) orang orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan ‘Innalillahiwainnailaihi raaji’ uun,” Al Baqarah / 2:155.

Lihat Juga :  Hidup tak Lepas dari Ujian, Nyata Ditulis dalam Alquran dan Resep Agar Lulus

Allah tidak menyukai ummatnya yang berselisih. Dengan banyak kejadian seperti adanya virus Covid 19 selama beberapa tahun ini merupakan cobaan agar kita banyak memohon ampun kepada Allah dan ini merupakan salah satu yang dilakukan Allah untuk ummatnya.

Ia mengatakan, Keberkahan disuatu Negeri itu bukanlah bergantung kepada Presiden, Menteri, Gubernur Bupati dan lainnya, akan tetapi bergantung pada rakyat Negeri itu sendiri yang jika penduduknya beriman dan bertakwa.

“Jikalau sekiranya penduduk negeri negeri beriman dan bertakwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat kami) itu, maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya,”QS Al-A’raf / 7:96

“Mari kita sama sama mengkaji kembali diri sendiri, tidak ada yang maha benar kecuali Allah. Ada salah apa dalam diri ini, tidak pernah sadar karena saling menyalahkan,”katanya.(*)

Penulis: tri jumartini

Tags
Close
Close