MUSLIMAH

Jurus Erna Rustiana, Bangun Jaringan, Pengalaman dan Ilmu hingga Jadi Wisudawan Terbaik Junalistik UIN Raden Fatah

ASSAJIDIN.COM – Menempuh dunia Pendidikan Perkuliahan sembari bekerja tidak menjadi halangan bagi Mahasiswi Jurusan Jurnalistik Angkatan 2016, Erna Rustiana menjadi Mahasiswi terbaik Jurusan pada Wisuda 74 Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Gadis berusia 22 tahun ini menjadi perwakilan satu satunya dari Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi untuk menghadiri prosesi wisuda di Gedung akademik center UIN Raden Fatah pada kamis(8/10).

Saat dijumpai wartawan AssajidinGroup, Gadis kelahiran Sumbusari 16 Desember 1998 menceritakan pengalamannya selama menempuh pendidikan Strata 1 (S1) sembari bekerja.
“Sayakan anak kost, jadi sering kehabisan uang jajan kadang juga telat dapet kiromam, jadi yah berusaha untuk tidak menyusahkan orang tua dengan kerja freelance,”katanya.

Pada semester awal, Ketika ada tugas kewirausahaan, Erna pernah bekerja di rumah makan pecel lele di daerah Palembang selama dua bulan lamanya. Lanjut pindah kerja ke warung rempah di daerah Radial selama satu bulan.
“Ga terlalu lama bertahan, karena pada saat itu semester tuga susah untuk membagi waktu kuliah karena banyaknya tugas kuliah,”katanya.

Lihat Juga :  Kisah Rahmalia Aufa Tokyo, Hijaber Indonesia yang Mendunia dan Eksis di Jepang

Selanjutnya, dirinya fokus untuk kuliah dan berorganisasi kampus yaitu Lembaga Pers Mahasiswa Ukhuwah. Jadi semasa kuliah, tambahnya, masa di masa kita harus mencari banyak jaringan, pengalaman dan ilmu yang bisa menunjang masa depan yang baik.

“Di akhir semester mencoba untuk kerja lagi di ruangjuara.com dan bertahan 4 bulan karena dampak Corona jarak jauh jadi saya mengundurkan diri,”katanya.

Akan tetapi, di dalam diri Erna, memiliki prinsip yang menjadi moto dalam hidupnya, bahwa orngtuamu ingin kau sukses, maka jangan pernah kecewakan mereka dengan rasa malasmu.”Jadi di masa pandemi yang semua serba di rumah aja, membuat diri ini bermalas-malasan untuk belajar, bimbingan ataupun revisian skripsi. Hanya ada kata jangan mudah putus asa dan menyia-nyiakan waktu walau hanya sedetik. Hidup itu bukan untuk hari ini saja, namun kita harus bertahan untuk menuju masa depan,”kata peraih juara 2 lomba foto dengan tema pengaruh visualisasi gambar pada berita.

Lihat Juga :  Menjadi Muslimah yang Punya Daya dan Karya

Pada Tahun 2018, Erna menjadi Salah Satu perwakilan mahasiswa dari UIN Raden Fatah Palembang untuk mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) di UIN Imam Bonjol Sumatera Barat serta Mendapat penghargaan Student Award kategori “Penulisan Karya Tulis Ilmiah” di UIN Raden Fatah Palembang.

Tahun berikutnya Juara 3 Presenter Berita yang diadakan oleh Pekan Bahasa UIN Raden Fatah Palembang.

“Kalo keinganan maunya lanjut S2, terkendala dari biaya insyaAllah lanjut kerja dulu,sembari mencari beasiswa,”katanya.(*)

Penulis: tri jumartini

Tags
Close