Uncategorized

Jangan Sering-sering Makan di Retoran di Masa Pandemi, Begini Tips Sehat Agar Aman

ASSAJIDIN COM –BARU-baru ini klaster restoran mulai merebak di beberapa kota di Indonesia. Sebut saja klaster restoran di Krobokan, Semarang, Jawa Tengah yang mengakibatkan 20 orang pengunjungnya positif Covid-19. Diikuti klaster restoran di Bogor dan Probolinggo.

Sementara itu, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Dengan munculnya klaster restoran tentu membuat masyarakat jadi lebih waspada agar tidak tertular Covid-19 saat menyantap makanan di restoran.

Keberadaan klaster restoran ini tentu menimbulkan kekhawatiran terlebih saat ini Indonesia sedang memasuki era new normal. Agar tidak tertular dan terhindar dari Covid-19 berikut tips yang bisa kita lakukan saat makan di restoran.

1. Pilih restoran berventilasi baik atau ruang terbuka
Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Columbia berjudul Could a New Ultraviolet Technology Fight the Spread of Coronavirus? menjelaskan bahwa sinar matahari adalah disinfektan alami yang berfungsi melawan virus, bakteri dan Covid-19, sehingga pastikan restoran yang dikunjungi memiliki ventilasi dan ruang terbuka.

Lihat Juga :  Ketika Allah Beri Kesempatan Firaun dan Mengutus Musa Bernegosiasi, inilah yang Terjadi

2. Jangan menyentuh perabotan sembarangan
Usahakan untuk tidak menyentuh perabotan sembarangan. Misalnya, menyentuh perabotan pada meja pembayaran.

Selain itu, ketika mengantre memesan makanan, jangan terlalu dekat dengan orang lain atau pastikan untuk selalu menjaga jarak minimal 2 meter. Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer saat menerima makanan dari pelayan restoran.

3. Pembayaran nontunai
Biasakan untuk membayar menggunakan cashless atau e-wallet dengan cara menscan barcode agar terhindar dari kontak fisik. Dengan menggunakan alat pembayaran nontunai tidak akan terjadi sentuhan yang disebabkan oleh uang kertas atau kartu atm.

Sediakan tisu basah antibakteri jika memang terpaksa membayar menggunakan kartu kredit atau uang.

4. Disiplin protokol kesehatan
Ingat untuk selalu memberlakukan protokol kesehatan mulai dari memakai masker minimal 3 lapis berbahan katun, menjaga jarak, hingga selalu mencuci tangan sebelum makan dan sesudah memesan makanan.

Lihat Juga :  New Normal Mulai 1 Juni, ini Kunci Agar Tetap Sehat di Lingkungan Sosial

5. Pilih restoran yang menerapkan protokol kesehatan
Tak kalah penting, pilihlah restoran yang menerapkan protokol kesehatan. Misalnya, membatasi jumlah pengunjung, mengatur jarak kursi dan meja minimal 2 meter, memberikan aturan yang baik dan aman bagi pengunjung saat mengantre memesan makanan, hingga menyediakan tempat cuci tangan, sabun dan hand sanitizer.(*/SUMBER: Kompas)

Tags
Close
Close