DUNIA ISLAM

Intip Kebun Kurma Al-Ahsa di Arab Saudi dengan 127 Spesies, Terbanyak di Dunia

 

AsSAJIDIN.COM – Center for Palms and Dates di Al-Ahsa, Arab Saudi telah membuat rekor dunia dengan memiliki bank terbesar dari pohon kurma asli secara genetik di dunia. Guinness World Records mendaftarkan lebih dari 127 spesies palem asal nasional dan internasional di pusat tersebut.

Dilansir Saudi Gazette, Rabu (29/9), Direktur Pusat Khalid Al-Husseini mencatat pusat tersebut bekerja mengembangkan database untuk pohon kurma dan melestarikannya dari kepunahan, serta memfasilitasi studi dan penelitian fisiologis dan morfologis tentang jenis ini dan tingkat kesesuaiannya dengan kondisi iklim setempat.

Dia menekankan, pencapaian ini menambah pencapaian nasional lainnya dan berupaya mewujudkan tujuan Saudi Vision 2030 dalam memperkaya penelitian ilmiah di sektor pertanian.

Lihat Juga :  Jawahir Roble, Wasit Sepak Bola Berhijab Pertama di Inggris

Menurut berbagai penelitian, buah kurma mengandung dua pertiga unsur gula alami yang paling mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Mengenai manfaat kurma bagi kesehatan tubuh, Rasulullah bersabda, ”Barang siapa yang sarapan pagi dengan tujuh buah kurma Ajwa, pada hari tersebut orang itu tidak akan terkena racun dan juga sihir.” (HR Abu Dawud).

Tujuh butir kurma sebanding dengan 70 gram unsur penting yang dibutuhkan oleh tubuh (vitamin dan mineral). Jumlah tersebut akan membantu tubuh membersihkan diri dari racun yang tersimpan dalam sisa-sisa makanan.

Racun dalam tubuh bertambah banyak seiring dengan semakin meningkatnya pencemaran pada tanah, air, dan udara. Alangkah baiknya jika setiap insan hidup sesuai tuntunan Nabi SAW.(*/republika)

Lihat Juga :  Hadir di Tanjung Barangan Palembang, Habib Alhabsyi Ajak Masyarakat Berwakaf Al Quran

 

Tags
Close
Close