BERITA TERKINIPENDIDIKAN

Inovasi Daring, Guru SD Gunakan Aplikasi Zoom, Begini Respon Siswanya

AsSAJIDIN.COM — Jika kebanyakan guru SD mengajar dalam jaringan (daring) dengan aplikasi whatsApp, lain halnya guru SD Negeri 1 Palembang. Demi melakukan inovasi daring agar siswa tak bosan, Ida Sri Mulyati SPd menggunakan aplikasi zoom untuk mengajar.

Menariknya, lagi untuk memecah kebosanan juga ditampilkan vidio dan games sehingga siswa terasa menyenangkan belajar.

“Saya sejak pandemi covid-19, telah melakukan pembelajaran virtual melalui zoom. yang ada ini guna mempermudahkan sekaligus memberikan contoh buat guru yang lainnya,” ujarnya, Rabu (13/1/2021).

Ida mengatakan, awalnya sempat pakai WA lalu dia berinsiatif membuat video pembelajaran dan juga virtual zoom kepada anak-anak

Namun, katanya tak semua anak-anaknya bisa ikut secara virtual karena terkendala sarana yakni gadget dan kesibukan orang tua untuk mendampingi anak mereka.

Lihat Juga :  Delapan Bulan PJJ, dari Jenuh Hingga Sekolah yang tak Ingin Bebani Siswa

“Akan tetapi alhamdulilah yang ikut secara zoom ini juga semangat sekali kehadiran kita sampai 50 persen,” ungkap dia.

Menurutnya, Anak-anak kelas 3 ini juga perlu pendampingan. Jadi ada juga kendala siswa kita yang tidak ikut virtual dan mereka yang tidak ikut tetap belajar secara luring atau luar jaringan,” beber dia.

Dalam sehari, pembelajaran ini hanya ada dua mapel yang dimulai pukul 08.00 hingga pukul 11.00 wib.

Sementara itu, Kepala SDN 1 Palembang, Rahma Danniarti mengatakan hingga saat ini pihaknya masih mengikuti aturan dari pemerintah untuk melakukan KBM secara daring.

“Kita saat ini masih belajar dari rumah karena mengikuti arahan pemerintah,” jelas dia.

Memasuki semester kedua ini, lanjut Rahma ia pun membuat suasana baru bagi guru agar mereka tak bosan selama mengajar daring.

Lihat Juga :  Cerita Anak Panti Asuhan Belajar Daring, 2 Handphone Bergantian Dipakai untuk 30 Anak

“Kita siapkan semacam pondok dan kita letakkan bangku dan meja dibawah pohon ini yang bisa dimanfaatkan guru jika bosan belajar didalam ruangan,” beber dia.

Hal ini dilakukan guna memberikan semangat dan saling menyemangati antar guru lainnya.

“Tentu hampir selama dua semester ini daring pastinya ada kebosanan dari guru dan juga siswa karena itu kita berikan inovasi seperti ini,” ungkap dia.

“Biasa selama ini pakai WA untuk berikan tugas dan guru kita juga ada inovasi lain seperti lewat google meet, zoom dan lain sebagainya. Ini juga sebagai salah satu untuk kita mendorong agar guru tidak gaptek, di semester genap ini juga inovasi terus ditingkatkan guru untuk belajar daring,” pungkasnya. (*/sumber: assajidingroup/Sugi)

Tags
Close
Close