NASIONAL

Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Tsunami 1,5 Meter hingga 2 Meter Landa Palu dan Donggala

 
PALU, AsSAJIDIN.COM — Gempa besar berkekuatan 7,7 yang mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018) dipastikan disertai tsunami.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono memastikan bahwa tsunami terjadi cukup tinggi.
“Kami belum data konkret, tapi ketinggian antara 1,5 meter sampai 2 meter,” kata Rahmat, dalam wawancara kepada Kompas TV, Jumat malam. Lanjutkan membaca artikel di bawah Video Pilihan Menurut BMKG, tsunami terjadi di Palu, Donggala, dan Mamuju.

Namun, hingga saat ini belum dapat dipastikan apakah ada korban atau jumlah kerugian akibat tsunami. Pasca gempa yang melanda Sulawesi Tengah, sejumlah tempat terjadi tsunami. Saat ini video amatir detik-detik tsunami terjadi beredar luas.

Lihat Juga :  Segera Registrasi Sim Card Prabayar, Kalau tak Ingin Diblokir, Begini Caranya

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan tsundami terjadi di pesisir Palu, Donggala dan Mamuju. Belum diketahui dampak dari tsunami tersebut.

Tsunami itu terjadi beberapa saat setelah gempa 7,7 SR mengguncang Kota Donggala, Sulawesi Tengah.
Dalam video yang beredar itu, air laut terlihat menerjang daratan. Air dengan ketinggian setinggi papan baliho itu, meluncur deras di sepanjang garis pantai.

Rumah dan kendaraan yang ada tersapu.  Kepanikan terdengar dari warga yang menyaksikan tingginya air laut dari atas Palu Grad Mall. Dalam seketika, deretan rumah yang ada di pinggir pantai, tersapu air bah. Air juga masuk deras ke dalam kota. Masuk ke dalam masjid dan pusat pertokoan. Teriakan warga terdengar dari atas Palu Grand Mall. Pekik ketakutan pun terdengar dari warga. Video tsunami itu menyebar di jejaring media sosial facebook. (tribunnews.com)

Close
Close