KELUARGA

Inilah Alasan Mengapa Islam Anjurkan Orangtua Beri Nama yang Bermakna Baik untuk Anak

ASSAJIDIN.COM —  Nama merupakan tanda pengenal seseorang sekaligus sebagai pembeda antara satu orang dengan yang lainnya.

Bahkan, di dalam Islam memberi nama untuk bayi yang dilahirkan berhukum sunnah. Artinya, orang tua yang memberi nama untuk bayinya mendapatkan pahala. Kesunahan tersebut bertambah lagi nilainya jika mereka mau memberi nama yang baik untuk bayinya.

Hal ini sebagaimana dijelaskan di dalam kitab Al-Fiqh Al-Manhaji ala Madzhab Al-Imam Asy-Syafii

يُسنّ تسمية المولود في اليوم السابع من ولادته، كما يسنّ أن يُختار له من الأسماء ما كان حسناً.

Disunnahkan memberi nama bayi yang dilahirkan di hari ketujuh dari kelahirannya. Disunnahkan pula memilihkan untuknya nama-nama yang baik.

Lihat Juga :  Satu Saja Kebaikanmu, Dibalas Berlipatganda

Adapun dalil sunnahnya memberi nama yang baik untuk bayi adalah hadis Nabi saw.

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : إِنَّكُمْ تُدْعَوْنَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِأَسْمَائِكُمْ ، وَأَسْمَاءِ آبَائِكُمْ فَأَحْسِنُوا أَسْمَاءَكُمْ. رواه ابو داود.

Dari Abu Ad-Darda’ r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya kalian akan dipanggil di hari Kiamat dengan nama-nama kalian dan nama-nama bapak kalian, maka perbaguslah nama-nama kalian.” (HR. Abu Daud)

Nama yang baik juga bisa menjadi doa baik bagi sang anak sepanjang hidupnya. Rasulullah saw. pun tidak segan-segan mengganti nama para sahabatnya yang kurang baik. Seperti di dalam riwayat imam Abu Daud, beliau mengganti nama seorang wanita yang bernama ‘ashiyah (wanita yang durhaka/maksiat) dengan nama jamilah (wanita yang cantik), putri Abu Salamah yang bernama Barrah diganti Nabi saw. dengan nama Zainab, ada pula seorang laki-laki bernama Ashram (buruk) diganti namanya oleh Nabi saw. dengan nama Zur’ah. Sementara itu, Nabi saw. juga pernah bersabda bahwa nama-nama yang paling disukai Allah swt. adalah nama Abdullah dan Abdurrahman.

Dengan demikian, maka sebaiknya orang tua atau wali memilihkan nama yang baik untuk putra putrinya yang baru lahir. Terlebih nama yang mengandung makna/arti yang baik. Sehingga nama tersebut sekaligus menjadi doa kebaikan untuk sang anak. Wa Allahu a’lam bis shawab. (*/Sumber: bincangmuslimah)

Tags
Close