NASIONAL

Ingin Mengajukan Kredit Rumah, Pemerintah Menyediakan Bantuan Uang Muka Hingga Rp 40 Juta

 

AsSAJIDIN.COM — Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sejak tahun 2020 memiliki program Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT). Melalui program BP2BT, pemerintah memberikan bantuan subsidi uang muka hingga Rp 40 juta bekerja sama dengan Bank Pelaksana yakni PT Bank Tabungan Negara (BTN).

Ketua DPD REI Sumsel Zewwy Salim mengatakan, skema Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) ini adalah nasabah mendapat subsidi Rp 32 juta hingga Rp 40 juta didepan. “Jika harga rumah Rp 140 juta, maka subsidinya Rp 40 juta. Sehingga sisa KPR nya yang harus dibayar Rp 100 juta,” ujarnya saat dihubungi via telepon, Senin (11/10/2021).

Lihat Juga :  Rumah tak Layak Dapat Bantuan dari Kementerian Rp20 Juta

Lebih lanjut Zewwy menuturkan, syarat untuk mendapatkan BP2BT adalah memiliki rekening koran aktif, KTP, KK Surat Keteramgan belum memiliki rumah. “Masyarakat yang ingin mendapatkan program BP2BT dapat mengajukan ke devloper Perumahan. Nanti devloper bisa mengajukan ke Bank BTN,” bebernya.

“Program BP2BT ini sudah berjalan sejak tahun 2020. Dan tahun ini berlanjut kembali hingga Desember 2021. Untuk pembayaran BP2BT itu kredit bunganya mengikuti suku bunga pasar. Sedangkan kredit melalui FLPP bunganya flat atau tetap,” katanya.

Untuk Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Zewwy menerangkan, kuotanya saat ini semakin menipis. Kuota nasional 157.500 dan untuk di Sumsel kuotanya 15.000 dan sudah terealisasi 10.000.

Lihat Juga :  Fokuskan Bantuan Untuk Masyarakat Misbar dan Isoman

“Untuk FLPP saat ini distop dulu karena kuotanya yang semakin menipis. Desember nanti akan kita lanjutkan lagi. Bagi yang ingin mengajukan KPR melalui program BP2BT dapat mengajukan ke developer,” tandasnya. (Yanti)

Tags
Close
Close