KESEHATAN

Hindari Diabetes dengan Cara Sehat ini

AsSAJIDIN.COM — Mempunyai riwayat penyakit diabetes tentunya harus menjaga pola makan dan minum agar kadar gula di dalam tubuh tidak naik drastis.

Tidak semua jenis makanan dan minuman dapat di nikmati oleh penderita diabetes. Ada beberapa minuman yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Melansir halodoc.com Diabetes disebabkan karena adanya gangguan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menggunakan glukosa darah dalam sel sehingga glukosa menumpuk dalan darah.

Pada diabetes tipe 1, gangguan ini disebabkan sistem kekebalan tubuh yabg biasanya menyerang virus atau bakteri berbahaya lainnya, malah menyerang dan menghancurkan sel penghasil insulin. Akibatnya tubuh kekurangan bahkan tidak dapat memproduksi insulin sehingga gula yang seharusnya diubah menjadi energi oleh insulin menyebabkan terjadunya penumpukan gula dalan tubuh.

Lihat Juga :  Wagub Puji RS Islam Ar Rasyid yang Terus Melengkapi Layanan untuk Pasien

Sedangkan pada diabetes tipe 2,tubuh bisa menghasilkan insulin secara normal tetapi insulin tidaj digunakab secara nomal. Kondisi ini dikenal juga sebagai resistrnsi insulin.

Selain menjaga pola makan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah diabetes.

1. Menerapkan Pola Makan Bergizi
Menjaga pola makan bergizi seimbang sangat penting bagi perkembangan tubuh. Batasi mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi gula serta perbanyak konsumsi sayuran dan buah buahan namun yang tidak tinggi gula.

2. Melakukan Olahraga Rutin
Konsisten melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap harinya. Bisa dilakukan olahraga ringan seperti berjalan dan senam.

3. Menjaga Berat Badan Ideal
Makan dan minum secukupnya dengan gizi seimbang. Mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga rutin dapat membentuk tubuh ideal.

Lihat Juga :  Hati-hati, Tujuh Hewan ini Bisa Jadi Bawa Virus Mematikan

4. Tidak Stress
Pikiran yang buruk akan mengakibatkan stress. Mengelola stress dengan baik membantu hormon tetap seimbang dan tidak melampiaskan stress dengan makan berlebihan.

5. Melakukan Pemeriksaan gula darah.
Pemeriksaan gula darah secara rutin dapat dilakukan di klinik, rumah sakit atau secara mandiri dengan alat khusus pengecekan gula darah.

6. Menghindari Kebiasaan Merokok
Merokok, minum minuman beralkohol atau bersoda tidak dianjurkan bagi tubuh.

7. Istirahat Yang Cukup
Istirahat yang cukup dengan tidur malam secukupnya setidaknya 7 jam setiap harinya. (*/tri jumartini)

Tags
Close
Close