MOZAIK ISLAM

Enam Cara Agar Kita Dicintai Allah SWT

 

AsSAJIDIN.COM — Sebagai hamba Allah Subhanawata’ala tentunya kita wajib memiliki rasa cinta pada sang pencipta.

Lalu, bagaimana cara kita sebagai hamba menumbuhkan dan memiliki rasa cinta kepada sang khalik.

Menurut Ustadz Hilman Fauzi Asal Garut, Jawa Barat mengatakan terdapat enam cara agar sebagai hamba dicintai oleh Allah.

1. Kuatkan Iman
Hanya orang beriman yang dapat dicintai oleh Allah. Maka nikmat yang paling besar yaitu dikuatkan iman dan diberikan hidayah.

Munurut ustadz himan, Iman yaiitu meyakini dengan hati, mengucapkan dengan lisan dan membuktikannya dengan tindakan.

“Jangan putus asa, jangan gelisah, sedih karena engkau itu orang yang diangkat derajatnya jika kalian orang yang beriman,”katanya.

Berdasarkan QS Ali imron ayat 139 “Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman”.

2. Kuatkan Sabar
Terdapat empat akhlak terbaik hamba kepada Allah yaitu pertama jika diberi nikmat harus bersyukur, kedua ketika diberi ujian harus bersabar, ketiga ketika beramal harus ikhlas, lalu keempat ketika ada takdir harus Ridho.

3. Jaga Shalat
Shalat adalah kewajiban paling utama sebagai umat muslim setelah dua kalimat syahadat dan merupakan salah satu rukun islam.

Lihat Juga :  Adab Bertetangga: Berbuat Baik kepada Tetangga Begitu Mulia

Orang yang mengerjakan shalat berarti menjalankan perintah Allah, maka ia pantas mendapatkan cinta dan keridhoan Allah. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Katakanlah (wahai muhammad): “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mencintai dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Ali Imran: 31)

4. Berbuat Baik
Ada 3 amalan yang akan membuat manusia dibangunkan istana di surga
1. Maafkan orang yang menyakitimu.
2. Berbuat baiklah kepada orang yang tidak berbuat baik kepadamu.
3. Sambungkanlah silahturahmi dengan orang yang pernah memutuskannya dengan dirimu.

Maka jangan pernah berhenti berbuat baik, juga
jangan terlalu berharap kepada manusia karena berharap kepada manusia itu akan rasakan patah hati.

Menurutnya, Ada dua hal yang tidak akan berhenti dalam hidup kita yaitu penilaian manusia kepada kita dan kasih sayang Allah kepada kita sebagai hambanya.

Namun, banyak diantara kita lebih memfokuskan penilaian manusia kepada kita karena kita tidak bisa selalu menyenangkan orang lain.

Lihat Juga :  Tawakal dalam Hidup Berkekurangan

Bagi orang beriman, dipuji ataupun di caci oleh manusia itu merupakan hal sama karena hal itu adalah penilaian manusia.

“Ada tiga cara jika ada yang menyakitimu yaitu dengan maafkan, doakan, lalu ikhlaskan,”ujarnya.

5. Sedekah
Mau di sayang Allah, maka perbanyak sedekah. Ketika bersedekah berikanlah yang terbaik menurutmu karena sedekah itu dapat mengahapus dosa.

Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api,” (HR Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

Rasulullah SAW bersabda:
“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya,” (HR Muslim).

6. Jangan jauh dari Al Quran
Sebagai umat muslim, Al Quran dan Hadist merupakan tujuan dan pedoman hidup manusia selama di dunia.

Barangsiapa yang berpaling dari peringatanKu (Al-Quran), maka baginya rezeki yang sempit. Dan di hari kiamat dia akan didatangkan dalam keadaan buta” (QS: Thaha: 124)

Mereka yang jauh dari Al-Qur’an, dia juga akan mengalami bencana keimanan. Karena tak membaca dan memahami Al-Qur’an, mereka pula tak akan mengerti hukum-hukum Islam, dan sebagainya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Also Read
Close
Back to top button