ALFURQON SCHOOL

Empat Siswa SMAIT Al Furqon Raih Beasiswa Indonesia Maju LPDP 2023

AsSajidin.com, Palembang— Prestasi menggembirakan kembali di ukir Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Furqon Palembang menyongsong awal tahun 2023. Pasalnya, Sekolah bertagline Ahli Zikir, Ahli Fikir, Ahli Ikhtiar ini sukses membukukan nama menjadi salah satu kandidat peraih beasiwa  yang dikelola oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang disebut Beasiswa Indonesia Maju (BIM).

“ Alhamdulillah empat siswa SMAIT Al Furqon Palembang tembus beasiswa Beasiswa Indonesia Maju (BIM). Alhamdulillah, kita termasuk satu dari tiga sekolah yang ada di Sumatera Selatan  (Sumsel) yang berhasil menyingkirkan sekolah lainnya secara nasional. Program Persiapan S1 Luar Negeri ini juga dilaksanakan oleh Pusat Prestasi NasionaSeleksi dan diikuti oleh 1358 siswa se-Indonesia yang kemudian diambil sebanyak 410 siswa. Dan empat siswa kita beruntung atas izin Allah SWT, “ ujar Ustadz Muhammad Arwan, S.Pd.I selaku Koordinator bidang penyaluran kuliah ke luar negeri SMAIT Al Furqon kepada AsSajidin belum lama ini.

Menurutnya ini adalah program beasiswa yang  diberikan kepada peserta didik/lulusan yang berprestasi pada  bidang akademik dan non-akademik. BIM terdiri dari program beasiswa bergelar dan beasiswa non gelar. Program beasiswa bergelar jenjang S1 dan S2 dilaksanakan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, sedangkan program  beasiswa nongelar, yaitu Pada kesempatan ini empat siswa SMAIT Al Furqon Palembang dinyatakan lolos diantaranya Meyraldo yang konsentrasi  pendidikannya mengambil studi di Jepoang, Imam yang  konsentrasi pendidikan ke Negara Kanada, Fathiyah berkonsentrasi pendidikan ke Australia, dan Ananda Dio berkeinginan kuliah di Korea Selatan.

“ Selain konsen pada ilmu berbasis Al Quran dan Hadist, SMAIT Al Furqon juga menterdepankan semangat program persiapan beasiswa kuliah ke luar Negeri dan menjadi salah satu Program Pendidikan unggulan. Program ini mempersiapkan siswa untuk  mampu berbahasa asing serta menyiapkan siswa yang ingin kuliah ke luar negeri. Hal ini juga tidak terlepas dari peran serta Bimbingan Konseling Bunda Mela , dan rekan-rekan lainnya.

Lihat Juga :  Cucu Gubernur Sumsel Sekolah di SDIT Alfurqon, Sang Ibu Percha Leanpuri Sempatkan Antar dan Tunggui Anak

Sementara itu Bunda Mela dalam kesempatannya mengatakan jika syarat mengikuti Seleksi  BIM haruslah siswa kelas 11 SMA, karena setelah dinyatakan lulus maka siswa tersebut akan diberikan pembinaan oleh LPDP dalam persiapan kemampuan berbahasa dan persiapan studi selama di negara tujuan.

Selain itu ditambahkan olehnya bahwa, BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 3 diberikan kepada peserta didik kelas XI Semester 1 tahun pelajaran 2022-2023 pada jenjang  SMA/SMK/MA/ sederajat yang berprestasi di tingkat nasional dan/atau internasional pada ajang olimpiade/ lomba/ kompetisi/festival pada bidang: a). Sains, Riset, Teknologi dan Inovasi, b). Bidang Seni, Budaya, dan Bahasa, c). Bidang Olahraga dan Kesehatan Jasmani,  d). Bidang Vokasi dan Kewirausahaan.

“ Persiapan yang matang sejak siswa masuk SMAIT Al Furqon Palembang ditambah lagi seleksi pleacment tes yang ketat oleh Tim Akademik Kurikulum SMAIT Al Furqon Palembang menjadikan program international yang dirintis oleh Kepsek SMAIT Al Furqon Palembang Ustadz Mahyudi, M.Pd ini tergolong sukses, “ katanya.

Menanggapi hal tersebut, Ustadz Mahyudi Kepsek SMAIT Al Furqon Palembang mengatakan, Program International yang merupakan satu dari enam program ungulan ini telah didesign sejak tahun 2018 lalu atas mandat Direktur SIT Al Furqon Palembang Ustadz Drs. Emil Rosmali, M.M., M.H.

“ Siswa disiapkan untuk terbiasa berbahasa asing, mampu memahami tantangan global, dan mempersiapkan studi keluar negeri salah satunya melalui BIM, “ kata  Ustadz peraih penghargaan Inovasi Goverment Award dan Kepsek Berdedikasi dan berpretasi Tingkat Provinsi tahun 2022 ini.

Lihat Juga :  Keluarga Besar Alfurqon Group Kehilangan Sosok Pak Ujang, Pribadi Ramah dan tak Pernah Mengeluh

Lebih jauh, Ustadz Mahyudi menjelaskan jika beliau membentuk tim khusus untuk mengurusi International program yang terdiri dari Koordinator Luar negeri ustadz Arwan, bimbingan konseleing Bunda Mela, Operator Sekolah Ustadz Desrianna, Kurikulum bunda Noralisama, dan tim kesiswaan ustadz Dafit Sahri. Ada banyak sekali beasiswa untuk ke luar negeri namun khusus Beasiswa Indonesia Maju menjadi program beasiswa yang khusus diselenggarakan Pemerintah Republik Indonesia. Adapun seleksi yang diikuti oleh siswa yakni 1) Seleksi Administrasi, 2) Seleksi substansi dan wawancara. BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 3 (Reguler) menggunakan kriteria penilaian sebagai berikut: 1. Transkrip Nilai Rapor, 2. Prestasi, 3. Penilaian Substansi dan Wawancara. Khusus keempat siswa tersebut telah menyelesaikan tahap administrasi plus uji kemampuan berbahasa asing sehingga saat ini telah menyelesaikan tes substansi dan wawancara selama 45 menit yang dilakukan secara daring oleh Tim dari LPDP. Hasilnya akan diakumulasikan dengan nilai dari tes sebelumnya dan diumumkan melalui email ke calon peserta Beasiswa Indonesia Maju angkatan 3 pda bulan Januari 2023.

“ Untuk kedepannya SMAIT Al Furqon Palembang tengah mempersiapkan siswa-siswi terbaik yang akan mengikuti seleksi masuk PTN dalam dan luar negeri. Apalagi di tengah persaingan dan perkembangan dunia yang begitu luar biasa tentu diperlukan juga sumber daya manusia yang memiliki kompetensi global agar mampu berdaya saing, “ tuturnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button