HAJI & UMROH

Dua Jemaah Calon Haji Asal OKUT Ditunda Berangkat, karena Kendala ini

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COM — Sebanyak 447 jamaah calon haji (JCH) Kloter 1 Embarkasi Palembang bertolak meninggalkan Bandara SMB II Palembang, Rabu (18/7), pukul 02.21 WIB. Dua jamaah asal OKU Timur terpaksa menunda keberangkatan karena sakit.

Ketua PPIH Embarkasi Palembang HM. Alfajri Zabidi ditemui usai acara pelepasan di Aula Asrama Haji tadi malam menjelaskan, pada proses penerimaan jamaah kloter 1 kemarin, sebenarnya ada 449 jamaah yang masuk asrama haji. Namun setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, akhirnya dua jamaah terpaksa ditunda keberangkatannya.
“Mereka yang ditunda adalah Siti Mutmainah karena sakit dan muhrimnya Slamet Rifai dari OKU Timur. Kita berharap kondisinya membaik sehingga bisa diberangkatkan bersama kloter berikutnya,” tutur Fajri.

Pada kesempatan itu, Fajri juga menjelaskan bahwa di kloter 1 cukup banyak jamaah yang masuk kategori resiko tinggi (Risti), yaitu 347 orang. Rinciannya, 29 Risti Usia, 181 Risti Penyakit, dan 137 Risti Penyakit plus Usia. Dia berharap, hal itu bisa menjadi perhatian serius para petugas kloter. “Dengan kerja keras para petugas dan kekompakan jamaah, insya Allah proses perjalanan ibadah haji akan berjalan lancar,” ujarnya.

Lihat Juga :  Jemaah Haji Kloter 1 Sujud Syukur Tiba di Palembang, ini Kesan-kesan Mereka Selama di Mekkah

 

Sementara itu, Asisten I Pemprov Sumsel Dr. H. Akhmad Najib saat mewakili Gubernur melepas jamaah kloter 1 berpesan agar para jamaah bisa menjaga keikhlasan dalam menjalankan ibadah haji. Harapannya, mereka kembali ke Tanah Air dengan menyandang predikat haji mabrur.

“Kesempatan menunaikan ibadah haji harus disyukuri karena tidak semua orang punya kesempatan seperti ini. Bahkan meskipun sudah ada niat dan kemampuan finansial, untuk bisa berangkat haji saat ini harus menunggu cukup lama. Daftar tunggu semakin tahun semakin panjang, untuk Sumsel waiting list mencapai 17 tahun. Untuk itu, manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk memperbanyak ibadah,” pesan Najib.

Dia juga menuturkan bahwa dalam waktu dekat Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games. Karenanya, Najib berharap agar para jamaah mendoakan Asian Games berjalan lancar dan sukses. “Ini merupakan even internasional yang membawa nama bangsa. Semoga dapat memberikan berkah dan kebaikan untuk kita semua,” tutur Najib.

Lihat Juga :  Arab Saudi Umumkan Tiga Paket Biaya Haji Domestik dan Ekspatriat Mulai Rp 46 Juta

Pelepasan jamaah kloter 1 sendiri dilakukan di Aula Asrama Haji pada Selasa (17/7), pukul 23.00 WIB. Hadir pada acara pelepasan antara lain Komisi VIII DPR RI Hj. Dra Wenny Haryanto SH, H. Syofwatillah Mohzaib S.Sos.I, Drs. H. Moh. Iqbal Romzi, Asisten III Pemprov Sumsel, Plt. Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes dr. Slamet M.Ph, Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi S.Pd, MM, M.Pd.I, Rektor UIN Raden FatahProf. Sirozi, dan Ketua Baznas Provinsi Drs. H. Najib Haitami. (*)

 

Penulis: wilda/Rilis Kemenag Sumsel

Also Read
Close
Back to top button