POLITIK

Dr Hakim Sarimuda Pohan : 157 Tokoh Ikut Bergabung sebagai Deklarator KAMI Sumsel

ASSAJIDIN.COM- Dr. Hakim Sarimuda Pohan, salah satu inisiator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Sumatera Selatan menyebutkan setidaknya 157 tokoh dan aktifis senior yang sudah tergabung dalam KAMI Sumsel yang dideklarasikan pada 23 Oktober 2020 kemaren.

“Terdaftar sekitar 157 Deklarator KAMI Sumsel. Tak hadir semua, yang hadir ini yang jadi deklarator,” kata Dr. Hakim, saat syukuran atas deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Sumsel, di Palembang Jumat (23/10/2020).

Di antara 157 tokoh itu, yakni Tarech Rasyid (Rektor Universitas swasta di Palembang), Rudi Apriadi (mantan Anggota DPRD Sumsel),
Ust. Umar Said dan M. Khalifah Alam (Tokoh Pergerakan Islam di Sumsel), Febuar Rahman (Tokoh Sumsel), Zairina Bakri, Nani Apri Lianti, dan Erni Sudirman (Tokoh Perempuan Sumsel),
Musnadi Thabrani (Wartawan Senior), KH. Ayiek Farid (Sekretaris MUI Sumsel), Burlian Abdullah (Tokoh Masyarakat Sumsel)

Lihat Juga :  Panwas Kota Palembang Umumkan Ratusan Nama Lulus Seleksi Tahap 1 Panwas Kecamatan

“Alhamdulillah, KAMI Sumsel didukung oleh para tokoh dari berbagai elemen bangsa dan berbagai profesi. Banyak tokoh-tokoh lintas agama, cendekiawan, akademisi, aktivis, kaum buruh, angkatan muda, emak-emak. KAMI Sumsel koalisi yang menghimpun berbagai tokoh yang ada di masyarakat Sumatera Selatan,” katanya.

Para tokoh itu, ujar Dr. Hakim, ikut serta sebagai Deklarator pada deklarasi KAMI Sumsel yang digelar pada Jumat, 23 Oktober 2020, pukul 13.00 WIB.

“Deklarasi tersebut dilaksanakan menyonsong peringatan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, sekaligus bagi KAMI Sumsel sebagai tonggak persatuan bangsa Indonesia dalam melawan imperialisme” katanya.

Mantan Anggota DPR RI itu menegaskan KAMI Sumsel tersebut bersifat sangat majemuk yang beranggotakan dari berbagai suku, agama, profesi dan generasi.

Lihat Juga :  Hikmah di Balik Insiden Kanisius dari Analisa Dradjad Hari Wibowo

Mengenai alasan dideklarasikannya KAMI itu, Dr. Hakim menjelaskan karena adanya persamaan pikiran dan pandangan dalam kehidupan kenegaraan Indonesia yang akhir-akhir ini telah menyimpang dari cita-cita nasional dan nilai dasar yang disepakati para pendiri bangsa.

Selain itu, Hakim juga menyampaikan dukungan dari berbagai tokoh daerah, yang akan ikut menyambung mendeklarasikan KAMI dari kabupaten dan kota masing-masing.

“Alhamdulillah, deklarasi, KAMI Sumsel mendapatkan dukungan dari para tokoh Sumsel dari berbagai kabupaten di Sumsel” katanya. (*/SUMBER: RILIS)

Tags
Close