MOZAIK ISLAM

Doakan Ibu Kita Melalui Shalat Sunnah ‘Birrul Walidain’

AsSAJIDIN.COM – Islam memberikan banyak cara untuk pengabdian anak kepada orangtua meskipun orangtua sudah meninggal mendahului kita.

Mencintai dan menyayangi ibu jangan hanya sekedar bikin status, atau doa ucapan di medsos saja. Ambil Wudhu bentang sajadah doakan mereka dengan cara yang sudah diajarkan Islam.

Dalam agama Islam, ada banyak ibadah shalat sunah yang dianjurkan. Salah satunya adalah shalat sunnah birrul walidain atau shalat sunah sebagai bentuk syukur dan menghargai jasa ayah dan ibu.

Shalat birrul walidain ini disunahkan dilakukan seminggu sekali setiap malam Kamis antara waktu shalat maghrib dengan isya. Hal ini sebagaimana yang dianjurkan agama dan disebutkan dalam kitab Khazinatul Asarar. Shalat sunah birrul walidain terdiri dari dua rakaat.

Lihat Juga :  Fokus dan Teliti Tulis Khat, Kunci jadi Kaligrafer Andal

Adapun niat melaksanakan shalat ini adalah meminta kepada Allah akan kebaikan dan keselamatan orang tua kita. Memohon kepada Allah agar orang tua kita selalu mendapatkan keberkahan dalam hidupnya dan digugurkan segala dosa-dosanya.

Dalam Islam pun dikenal terdapat tiga amal perbuatan yang pahalanya tak akan pernah putus meski kita telah tiada di dunia, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak-anak shaleh yang mendoakan orang tuanya.

Untuk itulah, doa anak, atau ritual ibadah yang merujuk pada permohonan ampunan dan lindungan untuk orang tua kita kepada Allah SWT sangat diperlukan. Sebagai anak tentu saja, jasa-jasa orang tua terhadap kita tak akan pernah bisa berbalas. Namun ketulusan serta ketakwaan ibadah kita semoga dapat menjadi penerang jalan orang tua baik di dunia maupun di akhirat. (*/sumber:maklumatnews.com)

Tags
Close
Close