MOZAIK ISLAM

Doa yang Diajarkan Nabi Agar Teguh Iman Bagi Muslim dan Mualaf

ASSAJIDIN.COM – Dalam kitab Shahih Muslim, dari Thariq bin Asyam al-Asyja’i, salah saeorang shabat Nabi, dia berkata bahwa jika seseorang telah masuk Islam, Nabi mengajarkan kepadanya shalat. kemudian beliau memerintahkan agar berdoa dengan kalimat

اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالْتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

Allahumma inni as-aluka hudaa wat tuqaa wal ‘afaafa wal ghinaa.

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketakwaan, penahan diri dan kecukupan.”

Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar menjelaskan bahwa dia tersebut telah mencakup perkata dunia dan akhirat yang diajarkan Rasulullah tiap kali ada seseorang yang memeluk Islam.

Selain doa tersebut, doa lain yang juga diajarkan untuk agar sering-sering dipanjatkan dalam doa agar Allah senantiasa membimbing hati kita kepada ketaatan kepada-Nya. Doa tersebut diriwayatkan dari Abdullah bin Amru bin ‘Ash ra, dia berkata bahwa Nabi Muhammad bersabda

Lihat Juga :  Tiga Langkah Amalan Mohon Perlindungan Allah dari Marabahaya

اللَّهُمَّ يَا مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوْبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

Allahumma yaa musharrifal quluubi sharrif quluubana ‘alaa tha’atika

“Ya Allah, wahai Zat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hati kami atas ketaaatan kepada-Mu”

Kedua doa tersebut merupakan doa yang diajarkan Rasulullah agar kita semua diberikan keteguhan iman oleh Allah swt. Berdoa dengan kedua doa ini sangat dianjurkan, sebab selain untuk menguatkan iman, berdoa juga dinilai sebagai ibadah.

Doa tersebut termasuk doa yang umum dan tidak terpaut waktu, karena itu sangat disunnahkan untuk membacanya setiap waktu tidak hanya selesai shalat. Wallahu’alam.(*/sumber: bincangmuslimah)

Tags
Close