KELUARGA

Doa Dijauhkan dari Kefakiran, Diiringi Usaha dan Amal Salih

ASSAJIDIN.COM — Fakir adalah kondisi saat seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhannya. Meski ada harta dan pendapatan, jumlah tidak mencukupi untuk dapat menutupi segala keperluannya.

Patut kita sadari, fakir bukanlah kondisi yang ringan. Seseorang dalam kondisi ini harus berpikir dan berusaha keras agar kebutuhan hidupnya terpenuhi, minimal hal mendasar seperti makanan dan pakaian.

Dalam kondisi yang paling parah, kefakiran bisa menjadi sebab timbulnya kejahatan. Orang dalam kondisi tersebut bisa nekat mencuri, menjambret, menguntit, dan sejumlah kejahatan lainnya.

Selain itu, kefakiran juga dekat dengan kekafiran. Karena bisa jadi orang memilih keluar dari Islam hanya karena kebutuhan dasarnya tidak terpenuhi.

Mengingat dampak buruk kefakiran yang begitu berbahaya, seorang Muslim untuk berusaha sekuat mungkin menghindarinya. Juga memohon kepada Allah agar dijauhkan dari kefakiran.

Lihat Juga :  Jangan Pernah Risau, Inilah 8 Jenis Rezeki dari Allah SWT

Berdoalah dan berusahalah, juga jangan pernah tinggalkan berbuat baik. Berikut lafadz doanya:

Allahumma inni a’uzubika minal kufri wal faqri. Allahumma inni a’uzubika min ‘azabil qobri la ilaha illa anta.

Artinya,

” Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, tiada Tuhan kecuali Engkau.” (*/Sumber : dream.co)

Tags
Close
Close