KELUARGA

Doa Memohon Agar Sehat Badaniah

ASSAJIDIN.COM –Setiap Muslim wajib secara agama menjaga kesehatannya dan menyeimbangkannya dengan kebutuhan rohaninya.

Badan, mata, dan telinga adala titipan Allah yang perlu dijaga. Karena jika tidak, maka beberapa anggota tersebut akan mengalami permasalahan.

Disinilah kita perlu melakukan penjagaan dan pemeliharaan terhadap seluruh anggota tubuh yang telah Allah anugerahkan kepada kita.

Bukan hanya pola makan yang harus dijaga. Tingkah laku, akhlak dan perbiatan kita pun perlu diperhatikan untuk menunjang kesehatan. Pikiran sehat, badan sehat, insyaallah..

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

ولجسدك عليك حقا
“Dan sesungguhnya badanmu mempunyai hak atas dirimu” (HR Muslim)

Penjagaan dan pemeliharaan yang baik tentu akan memberikan efek yang positif bagi jiwa dan raga.

Lihat Juga :  Cita Rasa Kopi Dipadu dengan Popcorn, Digemari Milenial

Bahkan, penjagaan dan pemeliharaan kesehatan menjadi bagian pemeliharaan kedua dari prinsip-prinsip pemeliharaan pokok dalam syariat Islam yang terdiri dari; pemeliharaan agama, kesehatan, keturunan, harta dan jiwa.

Ibadah menjadi nikmat dan lancar jika badan, mata, dan telinga dalam kondisi sehat dan baik-baik saja.

Berbeda dengan ibadah yang disertai cacat badan atau sakit lainnya. Selain menjaga dan memeliharanya dengan baik, Rasulullah juga mengajarkan sebuah doa untuk disehatkan badan, mata, dan telinga.

Kesehatan itu datangnya dari Allah, karena itu tak ada salahnya kita menjemputnya dengan menjemputnya langsung dengan berdoa kepada allah. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَاَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Lihat Juga :  Tiga Pesan Nyata Allah dalam Surat Dhuha, Berikut Bacaan Arab, Latin dan Terjemahannya

“Ya Allah, sehatkanlah tubuhku, sehatkanlah pendengaranku, sehatkanlah penglihatanku, tidak ada Tuhan selain Engkau. Ya Allah, aku berlindung dengan-Mu dari kekafiran dan kemiskinan. Ya Allah, aku berlindung dengan-Mu dari siksa kubur, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau.” (HR Abu Daud)

Sebuah doa yang mengharapkan agar Allah senantiasa memberikan kesehatan pada badan, mata, dan telinga kita. Doa tersebut juga disandingkan dengan usaha lahiriyah dalam menjaga dan memelihara kesehatan badan, mata, dan telinga juga.

Alhasil, kita akan bisa menikmati ibadah dan aktivitas lainnya dengan nikmat dan lancar. (*/Sumber: bincangsyariah.com)

Also Read
Close
Back to top button