PALEMBANG

Dibantu Keluarga, ODGJ dan Difabel Sudah Bisa Divaksin Covid-19

ASSAJIDIN.COM — Tidak hanya masyarakat pra lansia, Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Palembang pun saatini sudah bisa menerima layanan vaksinasi Covid-19. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang pun telah merekomendasikan puskesmas yang telah mendapatkan izin khusus.

Plt Kepala Dinkes Palembang, dr Fauziah mengatakan, percepatan pemberian vaksin sedang dilakukan kepada penyandang disabilitas (difabel) dan ODGJ. Pihaknya juga bekerjasama dengan Rumah Sakit Ernaldi Bahar dan ditargetkan sekitar 1.000 orang.

“Karena pelaksanaan vaksinasi ODGJ tidak dilakukan di RSJ (rumah sakit jiwa), maka pemberian vaksin bisa dilakukan di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang sudah menerima izin Dinkes,” katanya.

Selain pasien ODGJ sebagai penerima prioritas vaksinasi Covid-19 setelah masyarakat lanjut usia atau lansia. Penyandang disabilitas atau difabel di Palembang juga sudah bisa mendapati penyuntikan vaksin di puskesmas yang telah menyediakan layanan dengan membawa data diri.

Lihat Juga :  Wawako Palembang Sidak Lapak Liar, ini Dampaknya

“Mekanismenya masih sama tetap ada screening. Sementara vaksinasi ODGJ dan disabilitas bisa dilakukan di Puskesmas Talang Ratu, dan Puskesmas Sukarame,” katanya.

Berdasarkan data yang diterima Dinkes Palembang, jumlah sementara pasien ODGJ di Sumatra Selatan mencapai 2.924 orang. Sedangkan untuk disabilitas total sasaran mencapai 6.052 orang.

“Karena dari Kemenkes sudah menberi lampu hijau vaksinasi untuk ODGJ dan warga disabilitas dari tanggal 15 Juni lalu,” katanya.

Bila dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi ODGJ dan penyandang disabilitas mengalami kesulitan di faskes setempat, Dinkes Palembang bersedia menjemput bola, seperti berkoordinasi dengan RSJ Ernaldi Bahar Palembang.

“Jadi nantinya pasien yang akan divaksin datang didampingi ke puskesmas, atau juga jemput bola langsung ke rumah sakit jiwa, tergantung kesepakatan,” katanya. (*/pitria)

Tags
Close
Close