DUNIA ISLAM

Calender of Event Pariwisata Kota Palembang di Tahun 2021, Tetap Seru Disesuaikan Masa Pandemi

ASSAJIDIN.COM — Meskipun Calender of Event 2021 lebih sedikit dibandingkan tahun lalu, di masa pandemi Covid-19 ini Pemerintah Kota Palembang menyiapkan 71 event pariwisata dengan protokol kesehatan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, awal 2021 ini Dinas Pariwisata merilis top ten event. Pemilihan tema tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya.

“Lebih mengangkat event berbalut seni budaya serta mengedepankan pelaksanaan event secara Hybrid baik online dan offline. Sehingga dapat menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19,” katanya saat launching Calender of Event 2021 di Hotel Aston, Rabu (3/2/2021).

Diantaranya, event Bidar Mini yang dijadwalkan pada Agustus 2021 nanti akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Pagelaran yang sangat ditunggu masyarakat Palembang ini akan dilaksanakan dengan ketat protokol kesehata.

Lihat Juga :  Nasib 243 WNI di Wuhan, akan Dipulangkan ke Indonesia dan Langsung Dikarantina

“Tahun lalu Bidar mini masih terselenggara dan antusiasmenya cukup besar. Namun, tata cara pelaksanaan mengacu dengan protokol kesehatan. Semua peserta dan penonton juga wajib pakai masker dan jaga jarak,” katanya.

Secara keseluruhan ada lima tema besar kegiatan, dimana disiapkan pula banyak rangkaian acara yang disiapkan dalam satu waktu tersebut. “Ada Event Cap Go Meh, Islamic Event, Ulang Tahun ke 1338 Tahun Kota Palembang, Hari Kemerdekaan Indonesia, dan Palembang Sport Tourism,” katanya.

Menurutnya, akibat pandemi Covid-19 mengakibatkan terhentinya aktivitas pariwisata serta kehilangan pendapatan setiap pihak yang terlibat dalam industri kepariwisataan. Tidak terkecuali Kota Palembang yang sebagian besar industri pariwisata mengandalkan wisatawan maupun pelaksanaan event-event skala besar.

Lihat Juga :  Cari Hotel, Klik OYO Saja, Jaringan dengan 1.200 Pemilik Hotel

Namun hal tersebut perlu menjadi pemikiran bersama agar menemukan solusi yang tepat di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda. “Karenanya kita tengah berupaya agar dapat menyeimbangkan antara upaya menekan penyebaran Covid-19 dengan memulihkan kembali sektor pariwisata agar dapat terhindar dari kesulitan ekonomi,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Palembang Sodikin mengatakan, untuk membantu promosi wisata Kota Palembang, mereka juga menggandeng influencer lokal sebanyak 10 orang.

“Dengan harapan banyaknya follower, mereka bisa membantu promosi wisata di Palembang, baik wisata kuliner atau destinasi wisata lainnya,” katanya. (*/SUMBER: ASSAJIDINGROUP/Kamayel Ar-Razi)

Tags
Close
Close