SYARIAH

Bagaimana Hukum Menjawab Salam di Kamar Mandi ?

ASSAJIDIN.COM — Terkadang ketika ada seseorang yang mengucapkan salam, kita secara otomatis akan menjawab salam tersebut. Tapi, bagaimana jika saat ada orang yang mengucapkan salam, sedangkan posisi sahabat Dream sedang berada di kamar mandi? Apakah boleh menjawab salam itu?

Nah, salam sendiri adalah tergolong sebagai bacaan zikir yang di dalamnya menyebutkan nama Allah SWT. Sehingga, bacaan ini tidaklah boleh diucapkan di kamar mandi.

“ Dari Ibnu Umar ra, ada seseorang yang lewat, sedangkan Rasulullah saw saat itu sedang buang air kecil, lalu ia mengucapkan salam, maka beliau tidak menjawab salamnya.” (HR. Muslim)

Kemudian dari al-Muhajir bin Qunfudz, ia pernah datang kepada Nabi Muhammad saw yang ketika itu sedang buang air kecil. Lalu ia mengucapkan salam kepadanya. Beliau tidak menjawab salam itu sehingga beliau pun berwudhu. Lalu Nabi menyampaikan alasannya, beliau bersabda:

Lihat Juga :  Stok Vaksin Covid-19 Kosong, Booster Kedua Belum Bisa Dilakukan

“ Sesungguhnya aku tidak suka menyebut Allah ‘Azza wa Jalla kecuali dalam keadaan suci.” (HR. Abu Dawud dan dishahihkan Ibnu Hajar dalam Nataij al-Afkar dan Al-Albani dalam Shahih Abi Dawud)

Oleh karena itu, menurut Ibnu al-Hammam al-Hanafi mengatakan para ulama sudah bersepakat bahwa saat seseorang sedang buang air besar tidaklah wajib untuk menjawab salam kepadanya saat itu juga atau setelahnya. Karena mengucapkan salam padanya adalah haram. Berbeda dengan orang yang berada di kamar mandi jika ia masih mengenakan kain.

Lalu menurut Al-Nawawi mengatakan bahwa para sahabat berkata hukumnya makruh mengucapkan salam padanya (orang yang sedang buang hajat). Jika tetap mengucapkan salam, maka tidak wajib untuk dijawab dengan berdasar pada hadis Ibnu Umar dan al-Muhajir.

Lihat Juga :  Lima Langkah/Petunjuk dari Allah SWT agar Mudah Paham Isi Alquran

Sedangkan dari madzhab Malikiyah, Syafi’iyah, Hanabilah berpendapat bahwa hukumnya makruh untuk mengucapkan salam pada orang yang sedang buang air besar, begitu juga Hanafiyah yang memakruhkannya. Dikatakan juga oleh Ibnu Abidin bahwa kencing juga termasuk dilarang.

Itulah bacaan doa keluar kamar mandi dan artinya serta etika yang perlu diketahui oleh umat Muslim ketika berada di kamar mandi. Sebaiknya Sahabat Dream turut mengikuti ajaran dari Nabi mengenai etika keluar-masuk kamar mandi. Karena mengikuti segala perbuatan dan perkataan Nabi termasuk ke dalam sunnah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button