SYARIAT

Bacaan Dzikir Pagi Petang dan Maknanya

ASSAJIDIN.COM — Dzikir artinya mengingat Allah Ta’ala dengan banyak menyebut nama Nya, baik secara lisan maupun di dalam hati.

Berdzikir juga bisa diartikan sebagai sikap selalu mengingat Allah Ta’ala dalam berbagai keadaan, selalu merasa dilihat dan diawasi segala gerak geriknya oleh Allah Ta’ala.

Sehingga kapanpun dan dimana ia berada, tidak akan berani melakukan hal yang dilarang oleh Nya.

Dzikir dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, dan bacaan dzikir saat pagi,siang, dan malam berbeda.

Inilah makna dzikir kepada Allah. Allah Ta’ala berfirman, “(Yaitu) Mereka yang berdzikir (mengingat) kepada Allah saat berdiri, duduk dan saat berbaring”.(QS. Ali Imran, 3: 191).

Dari Anas bin Malik رضي اللهعنه ia berkata: “Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda: ‘Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah dari mulai shalat Shubuh sampai terbit matahari lebih aku sukai dari memerdekakan empat orang budak dari anakIsma’il.

Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah dari mulai shalat ‘Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai dari memerdekakan empat orang budak.’” (HR. Abu Dawud no. 3667, lihatShahiih Abi Dawud 11/698 no. 3114 – MisykaatulMashaabiih no. 970, hasan).

Lihat Juga :  Manfaat Bacaan Dzikir Pagi dan Petang

Bacaan Dzikir Pagi dan Petang

1. Ayat Kursi (Dibaca Pagi dan Sore 1x) “Allah tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi) melainkan Dia Yang HidupKekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidaktidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tidak ada yang dapatmemberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya.

Allah mengetahui apa-apa yang (berada) dihadapan mereka, dan dibelakangmereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari Ilmu Allah melainkan apa yangdikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasaberat memelihara keduanya, Allah Mahatinggi lagi Mahabesar.” Al-Baqarah:255)

2. Membaca SuratAl-Ikhlas (Dibaca Pagi dan Sore 3x)

“Katakanlah,Dia-lah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah (Rabb) yang segala sesuatu bergantungkepada-Nya. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak adaseorang pun yang setara dengan-Nya.’” (QS. Al-Ikhlash: 1-4). (Dibaca pagidan sore 3x).

3. Membaca SuratAl-Falaq (Dibaca Pagi dan Sore 3x) “Katakanlah: ‘Aku berlindung kepada Rabb Yang menguasai (waktu) Shubuh dari kejahatan makhluk-Nya. Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita. Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul. Serta dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”‘ (QS. Al-Falaq: 1-5). (Dibaca pagi dan sore 3x).

Lihat Juga :  Belum Resmi Nikah Foto Prewed, Baca Dalil yang Melarangnya

4. Membaca SuratAn-Naas (Dibaca Pagi dan Sore 3x) ”Katakanlah, ‘Aku berlindung kepada Rabb (yang memelihara dan menguasai)manusia. Raja manusia. Sembahan (Ilah) manusia. Dari kejahatan (bisikan)syaitan yang biasa bersembunyi. Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada-dadamanusia. Dari golongan jin dan manusia.’” (QS. An-Naas: 1-6) (Dibaca pagidan sore 3x)

5. Membaca SayyidulIstighfar (Dibaca Pagi dan Sore 1x)

“Ya Allah, Engkau adalah Rabb-ku, tidak ada Ilah (yang berhak diibadahidengan benar) kecuali Engkau, Engkau-lah yang menciptakanku. Aku adalahhamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku berlindungkepada-Mu dari kejelekan (apa) yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu (yangdiberikan) kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu, ampunilah aku.Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau.” (Dibacapagi dan sore 1x). (*/Sumber: dalamislam)

Tags
Close