SYARIAH

Asmaul Husna, Pengertian dan Arti Al Wasi (Maha Luas Karunia)

AsSAJIDIN.COM — Nama Allah, Al Waasi’u ( الواسع ) dibaca Al Waasik termasuk Al-Asma`ul Husna,

firman Allah :

Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lemah Lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui. (Al-Maa’idah [5]: 54)

Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (An-Nuur [24]: 32)

Lihat Juga :  Makna dan Arti As Sami' dan Al Alim, Asmaul Husna

(yaitu) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Tuhanmu Maha luas ampunan-Nya. Dan Dia lebih mengetahui (tentang keadaan)mu ketika Dia menjadikan kamu dari tanah dan ketika kamu masih janin dalam perut ibumu; Maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa. (An-Najm [53]: 32)
Baca Juga : Al Mujib Artinya

Makna Kata Al Wasi
AL-WASI-’U (الْوَاسِعُ) artinya, Maha Luas, yakni rahmat Allah itu Maha luas, merata kepada segala yang maujud dan luas pula nikmat-Nya, ilmunya dan segala-galanya terhadap hamba-Nya meliputi segala makhluk dan merata tidak dibedakan hewan, tumbuhan dan insane, atau kafir dan Islam.

Lihat Juga :  Meneladani Sifat Allah, Asmaul Husna Al-Muhaimin

Segala apa yang ada pada makhluq terbatas sekali, ilmunya sedikit, kekayaan-Nya terbatas, kekuasaannya tidak sempurna dan sebagainya. Manusia, janganlah bersombong diri, dan segala sesuatu yang dimilikinya itu adalah pemberian Allah, tidak akan kekal abadi, maka tunduklah diri kepada Allah yang tak ada bandingan-Nya dalam segala hal.(*/sumber:passingrade.co.id)

Tags
Close
Close