KITABUL ISLAM

Asmaul Husna Al-azim ( Allah Maha Agung), Arti dan Maknanya

 

AsSAJIDIN.COM — Arti Al Azim adalah Yang Maha Agung, salah satu nama-nama baik milik Allah SWT dalam Asmaul Husna. Al Azim mengindikasikan zat yang telah mencapai tingkatan yang paling tinggi dari sifat agung.
“Sifat agung ini tidak bisa dibayangkan akal dan tak dapat dilihat mata. Dialah Allah SWT yang memiliki ketinggian, kemuliaan, dan kekuasaan,” tulis buku 99 Asmaul Husna Kisah dan Mukjizat dari Chris Oetoyo.

Sifat Al Azim العظيم kadang ditulis sebagai Al Adzhiim atau Al Azhim. Meski tulisanya berbeda, artinya sama yaitu Allah SWT Yang Maha Agung.

Sifat dan arti Al Azim bisa dilihat dalam beberapa ayat Al Quran. Misalnya dalam Asy Syura ayat 4,

لَهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۖ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Arab latin: Lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, wa huwal-‘aliyyul-‘aẓīm

Artinya: “Kepunyaan-Nya-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Ayat lainnya adalah Al-Waqi’ah ayat 96,

لَهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۖ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Arab latin: Lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, wa huwal-‘aliyyul-‘aẓīm

Artinya: Kepunyaan-Nya-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Lihat Juga :  Berbuat Baik yang Bernilai di Mata Allah Menurut Alquran (3-Selesai)

Selain dalam Al Quran, sifat dan arti Al Azim juga disebut dalam beberapa hadits. Salah satunya yang diceritakan Hudhaifah bin Al Yaman,

نْ حُذَيْفَةَ بْنِ الْيَمَانِ، أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ يَقُولُ إِذَا رَكَعَ: ‏”‏ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ ‏”‏ ‏ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ، وَإِذَا سَجَدَ قَالَ: ‏”‏ سُبْحَانَ رَبِّيَ الأَعْلَى ‏”‏ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ

Artinya: Diceritakan Hudhaifah bin Al Yaman, dia mendengar Rasulullah SAW mengucapkan kalimat ini ketika membungkuk “Subhana Rabbiyal-‘Azim (Segala puji untuk Allah SWT, Tuhanku yang Maha Agung),” lalu saat sujud dia berkata, “Subhana Rabbiyal-A’la (Segala puji untuk Allah SWT, Tuhanku yang Maha Tinggi),” tiga kali.

Rasulullah SAW dalam haditsnya juga menjelaskan, doa yang dapat dibaca seorang muslim yang dalam kesulitan atau punya permohonan pada Allah SWT. berikut doa yang menyertakan Asmaul Husna Al Azim,

مَنْ كَانَتْ لَهُ حَاجَةٌ إِلَى اللَّهِ أَوْ إِلَى أَحَدٍ مِنْ خَلْقِهِ فَلْيَتَوَضَّأْ وَلْيُصَلِّ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ لْيَقُلْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ الْحَلِيمُ الْكَرِيمُ سُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ أَسْأَلُكَ أَلاَّ تَدَعَ لِي ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا لِي ثُمَّ يَسْأَلُ اللَّهَ مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ مَا شَاءَ فَإِنَّهُ يُقَدَّرُ

Lihat Juga :  One Day One Ayat : QS Albaqarah 271, Sedekah Menghapus Kesalahan

Artinya: Rasulullah SAW datang pada kami dan berkata, Siapa saja yang sedang dalam kesulitan atau ada permohonan untuk Allah SWT hendaklah dia wudhu dan sholat dua rakaat lalu berdoa, “La ilaha illallahul-Halimul- Karim. Subhan-Allahi Rabbil-‘arshil-‘azim. Al-hamdu Lillahi Rabbil-‘Alamin. Allahumma inni as’aluka mujibat rahmatika, wa ‘aza’ima maghfiratika, wal-ghanimata min kulli birrin, was-salamata min kulli ithmnin. As’aluka alla tada’a li dhanban illa ghafartahu, wa la hamman illa farrajtahu, wa la hajah hiya laka ridan illa qadaitaha li (Tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Penyayang lagi Maha Pemurah. Maha Suci Allah, Tuhan Arsy yang Perkasa. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu sarana rahmat dan ampunanMu, manfaat setiap amal kebaikan dan keselamatan dari segala dosa. Aku memohon kepadaMu untuk tidak meninggalkan dosaku melainkan Engkau mengampuninya, atau kesusahan apa pun tetapi Engkau menghilangkannya, atau segala kebutuhan yang menyenangkan-Mu tetapi Engkau memenuhinya.),” lalu mintalah apa yang diinginkan di dunia ini dan setelahnya sesuai ketentuan.” (HR Ibnu Majah).

Semoga penjelasan arti Al Azim dalam Asmaul Husna bisa menambah keimanan dan pengetahuan kita. (*/sumber: detik.com)

Tags
Close
Close