LIFESTYLE

Arti dan Makna Kata Wa Iyyak, Wa Iyyaki, Wa Iyyaka, dan Wa Iyyakum

ASSAJIDIN.COM — Sering kita melihat dan mendengar percakapan antar sesama muslim yang menyebut kata waiyyaki, waiyyak, waiyyakum dll. Apa sebenarnya arti dan makna kata tersebut. Yuk kita simak pembahasannya.

Sebelum kita membahas arti dari wa iyyak, wa iyyaki, wa iyyaka, wa iyyakum, terlebih dahulu haru membahas kalimat dari jazаkallah dan syukron, mengapa harus membahas kedua kata tersebut? karena dua kata ini berkaitan dengan apa yang akan kita bahas di kesempatan kali ini.

Meskipun sebenarnya tidak ada dalil khusus mengani cara menjаwab ucapan Syukron (Bahasa Arab ; شكرا), jazаkallah (Bahasa Arab ; جزاك اللهُ) atau variasinyа lainnya seperti yang kami sajikan dalam tabel berikut ini beserta artinya ;

Kalimat Artinya Di ucapkan kepada :
Jazaakallah khairan Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan Laki-Laki
Jazaakillah khairan Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan Wanita
Jaza-Kumullah Khairan Katsiiraa Semoga Allah Membalas kalian dengan kebaikan

Laki-laki jamak
Jaza-Kunallah Khairan Katsiiraa Semoga Allah Membalas kalian dengan kebaikan

Wanita jamak
Jaza-Kamallah Khairan Katsiiraa Semoga Allah Membalas kalian dengan kebaikan laki-laki & wanita jamak
Syukron Terima kasih Laki-laki dan Wanita

Nah, jika sudah tahu apa arti dari Jazakallah dan syukron, selanjutnya kita akan membahas Wa Iyyak, Wa Iyyaki, Wa Iyyaka, dan Wa Iyyakum

Lihat Juga :  Dua Hikmah Ibadah Haji yang Tertunda

Biasanya ketika ada ucapan do’a yang ditujukan kepada seseorang maka orang tersebut akan mengucapkan “Aamiin”. Ucapan terima kasih akan dibalas dengan mengucapkan “sama-sama” / “terima kasih kembali”. Lalu bagaimana dalam Islam?

Arti Wa Iyyak, Wa Iyyaki, Wa Iyyaka, dan Wa Iyyakum

Biasanya baik itu ikhwan maupun akhwat akan membalas ucapan Jazakallah Khoiron yang artinya semoga Allah membalasmu dengan kebaikan dengan mengucapkan “wa iyyak / wa iyyaki / wa iyyaka, atau jika orang banyak yang mengucapkan kalimat tersebut maka biasanya akan di jawab mengucapkan waiyyakum.

Lalu apa sih Arti wa iyyak, wa iyyaki, wa iyyaka, dan wa Iyyakum? Nah, untuk itu simak penjelasan berikut ini ;

Wa Iyyak artinya Semoga demikian juga untukmu

Dimana sebenarnya kata tersebut merupakan kata dasar atau kata yang belum mendapat tambahan / kata ganti (dhommir), maka bisa di katakan kata tersebut tidak jelas di tujukan kepada siapa, maksudnya apakah kalimat tersebut di tujukan kepada laki-laki atau wanita.

Lihat Juga :  Merawat Rambut, Islam Punya Adabnya 

Maka dengan adanya dhommir / kata ganti barulah kata tersebut jelas ditujukan kepada siapa, contohnya seperti berikut ini :

Wa iyyaka
Artinya ; “ Semoga demikian juga untukmu ” (Untuk laki-laki)
Wa iyyaki
Artinya ; “ Semoga demikian juga untukmu” (untuk wanita)
Wa Iyyakum
Artinya ; “ Semoga demikian juga untuk kalian ” (untuk laki-laki dan wanita jamak)

Jadi sebenarnya makna dari Wa Iyyak/ki/ka/kum tersebut adalah kembali mendo’akan seseorang atau orang banyak (jamak) yang telah mendo’akan kita dengan ia mengucapkan Jazaakallah khairan dan kita membalasnya dengan mengucapkan Wa Iyyaki atau kata yang telah di jelaskan di atas, namun mesti disesuaikan dengan lawan bicara nya.

Contoh Penggunaan Wa Iyyak
Kalau kalian belum paham, kami akan memberikan contoh percapakan beserta contoh penggunaan kata yang tepat, simaklah percakapan singkat berikut ini ;

A : Syukron akhi, selama ini kamu memberiku banyak pelajaran mengenai hal-hal yang berkenaan dengan Agama Islam…

B : Afwan ukhti, hanya itu yang ku ketahui, banyak kurang ku mengenai Agama Islam maka hanya itu yang bisa ku ajarkan kepada ukhti…

A : Jazaakallah khairan, akhi…
B : Aamiin, Wa Iyyak(i)…

Semoga bermanfaat.(*/sumber:yuksinau.id)

Tags
Close