KESEHATAN

Apakah Anda Sudah Bisa Divaksin Booster? Yuk Cek di PeduliLindungi

 

AsSAJIDIN.COM — Sejak dua hari lalu Sumatera Selatan (Sumsel) sudah melaksanakan Vaksinasi booster Covid-19 untuk lanjut usia (Lansia) dan penderita immunokompromais.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Dra Lesty Nurainy Apt MKes mengatakan, 17 kabupaten kota sudah diharuskan vaksin booster pada lansia, vaksin anak 6-11 tahun ada menyelesaikan vaksinasi lansia.

“Kabupaten kota tidak harus menunggu capaiannya 60-70%, karena Sumsel sendiri capaian secara keseluruhan sudah 81% dan lansia 65%,” katanya usai pencanangan vaksin anak, lansia dan booster di RSUD Gandus, Jumat (14/1/2022).

Vaksinasi booster lansia sudah ada beberapa orang artinya ada lansia yang jarak vaksin keduanya sudah 6 bulan, tapi ini masih sedikit sekali.

Lihat Juga :  Tangan dan Kaki Kaku-kaku, Waspada Serangan Asam Urat

Selain booster lansia saat ini yang menjadi prioritas, masyarakat umum dengan usia di atas 18 tahun dan sudah menyelesaikan Vaksinasi prima (ke-1 dan 2) sudah bisa divaksin booster.

“Bagi selain lansia bisa cek di aplikasi PeduliLindungi masing-masing, Disana nanti ada keterangannya untuk anda vaksin ke-3 ini,” katanya

Caranya, buka aplikasi PeduliLindungi, masuk dengan akun yang terdaftar, klik menu profil dan pilih status vaksinasi dan hasil tes Covid-19, status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun, untuk Cek tiket vaksin masuk ke menu riwayat dan tidak vaksin.

Dalam tiket vaksin tertera “anda berhak vaksinasi ke tiga,” dan tertera juga tanggal kapan anda akan divaksin.

Lihat Juga :  Zinc Ternyata Baik untuk Tangkal Covid-19, ini 8 Makanan yang Kaya Kandungan Zinc

Saat ini ketersediaan vaksin di Sumsel sebanyak 2 juta yang tersebar di seluruh fasilitas kesehatan. Juga 289 ribu vaksin sinovac khusus anak2 segera dikirim.

“Akan ditambah terus, silahkan masyarakat manfaatkan, daripada kadaluarsa ini harus digunakan terus,” katanya.

Percepatan vaksinasi ini juga sudah dibagikan edarannya dari Gubernur Sumsel. “Harus terus dikejar, agar tercapai capaiannya,” katanya. (pitria)

Back to top button