ALFURQON SCHOOL

Ajarkan Anak Didik Peka Terhadap Sesama, SDIT Al Furqon Galang Dana Membantu Warga

AsSajidin.com PALEMBANG—Demi mewujudkan rasa kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan uluran tangan, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Furqon Palembang melalui program “ Kencleng Jumat Solidaritas Siswa” secara sadar selalu berupaya menjadikan tagline Ahli Dzikir, Ahli Fikir dan Ahli Ihktiar sebagai modal untuk implementasi kehidupan sosial yang berakhlakul kharimah.

Kepala SDIT Al Furqon, Ustadz Zakiudin melalui, wakil kurikulum ke Islaman SDIT Al Furqon  Ustadz Mukarrom kepada AsSajidin mengungkapkan bahwa, kegiatan seperti bukanlah hal baru bagi Sekolah yang beralamat di Jl. R Sukamto No 1332 Sekip Ujung, Pipa Reja, Kec. Kemuning, Kota Palembang ini. Bagi Ustadz Mukarrom, apa yang di agendakan lembaga adalah bentuk semangat dari para siswa.

“ Alhamdulillah, semua berawal dari rasa kepedulian para siswa yang begitu tinggi untuk dapat membantu sesama. Jadi  istilahnya, sekolah hanya memfasilitasi saja. Tentu disamping itu, kita juga ingin agar anak didik kita dapat menerapkan setiap nilai-nilai pembelajaran di sekolah untuk bisa di salurkan kepada lingkungan sekitar dan masyarakat umumnya,” ujarnya.

Lihat Juga :  SDIT Al Furqon Gelar Tatap Muka, Ustadz Zakiudin : Kami Sudah Siap Sejak Tahun Lalu

Melalui program ini kata Ustadz Mukarom, siswa di ajarkan untuk dapat menyisihkan sebagain uang jajan miliknya untuk berbagi membantu meringankan beban saudara-saudaranya di luar sana. Seperti halnya kemarin, belum lama ini, kita bersama yayasan bahu membahu membantu saudara-saudara muslim di Palestina, bahkan sebelumnya juga melalui program yang sama kita turut andil dalam memberikan bantuan untuk saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, baik itu karena sakit maupun hal-hal lainnya.

“ Ya walaupun tak begitu besar, namun kita berharap anak didik kita peka terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga tergerak hatinya untuk berusaha membantu walau sekecil apa pun,” kata Ustadz Mukarrom.

Ia menambahkan, program kencleng Jum’at solidaritas siswa ini tidak hanya bertujuan sebagai sarana memupuk rasa kesadaran siswa melainkan juga bentuk dakwah SDIT Al Furqon yang sangat peduli terhadap penderitaan orang lain.

Lihat Juga :  Konsep Pendidikan Karakter Musa Menuntun SDIT Al Furqon Palembang Jadi yang Terbaik

“ Hasil kencleng Jum’at solidaritas siswa diserahkan kepada orang-orang yang sedang diberi ujian oleh Allah SWT. Alhamdulillah, kemarin  kita sudah serahkan kepada yang berhak menerimanya yaitu, saudara kita yang tengah menjalani pengobatan penyakit Leukemia di RSMH Palembang,” tutur ustadz.

“ Jadi pasien ini berasal dari Bengkulu, kita mendapat informasi bahwa selama dirawat hampir 2 bulan, keluarga dan pasein tersebut kehabisan biaya untuk bisa pulang ke kampung halamanya.  Melalui kumpulan dana “ kencleng Jum’at solidaritas siswa” ini kita serahkan bantuan sebesar Rp 1,5 juta rupiah. Semoga bisa membantu mereka,” ujarnya.

Close
Close