ALFURQON SCHOOL

70 Persen Siswa SMAIT Al Furqon Palembang Lulus PTN Terbaik Dalam Negeri

AsSajidin.com PALEMBANG—“ Alhamdulillah, Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Furqon Palembang sukses menghantarkan siswa –siswinya tembus ke Perguruan Tinggi Negeri Favorit di Indonesia. Bahkan empat orang diantaranya masuk Program Studi Kedokteran lewat jalur Undangan SNMPT, SBMPTN, dan Jalur Prestasi ,” kata Kepala SMAIT Al Furqon Ustadz Mahyudi M.Pd, Jumat (22/10/2021).

Menurut Ustadz Mahyudi, Keberhasilan ini tidak lepas dari 11 pola strategi yang diterapkan pihaknya dalam mensuport kemampuan para siswa untuk bisa meraih hasil maksimal. Dirinya menambkan jika apa yang di capai SMAIT Al Furqon saat ini tidak lepas dari peran serta, Bunda Mela Juniarti, S.Pd. selaku guru BK yang telah membuat peta konsep dan maping talent siswa SMAIT Al Furqon Palembang.

“ Alhmdulillah melalui berbagai proses dan segala rintanganya, akhirnya tim Pengembang mutu sekolah sukses membuat rangkaian strategi untuk dapat memuluskan langkah siswa lulus PTN favorit berbuah hasil manis,” ujarnya.

Adapun 11 strategi yang dimaksud di antaranya:
1. Pleasment test Siswa. Tes kemampuan awal sangatlah penting sebab untuk memetakan kemampuan dan potensi siswa agar memiliki spesifikasi bidang untuk bisa diperkuat dengan program Sisber. Siswa kelas 10 diberikan tes dan lalu dilaksanakan pembinaan.
2. Kejar Prestasi Lomba Sejak Kelas 10 melalui Progam Sisber (Siswa Berprestasi)
Salah satu program SMAIT Al Furqon Palembang adalah memetakan potensi siswa melalui program sisber. Adapun program ini dialkukan setelah pleacmetn tes siswa. siswa akan dibagi berdasarkan kemampuan serta minat dan bakat yang mereka miliki mulai dari kemampuan bidang mapel tertentu hingga life skill. Program ini terbukti efektif sebab mentargetkan siswa minimal memiliki 3 prestasi yang sertifikat prestasi tersebut untuk digunakan sebagai portofolio masuk PTN.
3. Bimbingan Karier
Salah satu program paling efektif yang dimiliki SMAIT Al Furqon Palembang adalah bimbingan karier. Program ini diberikan kepada siswa dengan membagi mereka ke guru Pembimbing Akademik. Program ini tersinpirasi dari dunia kampus diamana mahasiswa memiliki PA (Pembimbing Akademik) untuk memetakan kemampuan mereka. Sejak program ini bergulir tahun 2018 sudah banyak siswa yang dibatuk dibimbing bahkan angkatan 2019 berhasil lulus PTN sebanyak 95%.
4. Pemetaan Pemilihan jurusan siswa
Pemilihan jurusan sangatlah penting. SMAIT Al Furqon Palembang memiliki divisi khusus untuk penyaluran siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Melalui Ustad Muhammad Gombang Ata, M.Si. pemetaan pemilihan jurusan menjadikan siswa semakin terbuka pola pikirnya untuk bisa masuk PTN tanpa harus pusing seperti apa kampus yang bisa membina mereka untuk siap k dunia kerja.
5. Bimbel Sukses Masuk PTN 2021
SMAIT Al Furqon Palembang memiliki sistem bimbingan belajar masuk PTN
Kegiatan Bimbel dimulai dari kelas 11 dan dilanjutkan secara penuh di kelas 12. Setiap hasil bimbel dicatat dan dievaluasi.
6. Try Out 10 kali
TO sebanyak 10 kali merupakan bentuk evaluasi yang dilakukan tim super bimbel SMAIT Al Furqon Palembang. Sebab di setiap hasil TO kami lampirkan juga analisis yang dapat dijadikan pertimbangan siswa SMAIT Al Furqon Palembang untuk masuk PTN.
7. Pemberian 500 soal UTBK per guru mapel
Soal UTBK telah disusun dan dibuat guru sebanyak 500 soal yang diambil dari SKL yang sering muncul pada soal UTBK setiap tahunnya. Sebanyak 10 buku pegangan bimbel digunakan guru untuk mengajarkan bimbel kepada siswa.
8. Super camp UTBK Desember-Januari 2021
Super camp UTBK baru dilaksanakan tahun ini di SMAIT Al Furqon Palembang. Program ini khsus diberikan kepada siswa dibulan jedah antara semester 1 dan 2. Siswa dipersiapkan semaksimal mungkin dalam memahami materi UTBK dan prediksi soal yang akan muncul.
9. Malam Pemotivasian
Malam pemotivasian kami adakan sebagai bentuk penyemangat siswa ataupun dorongan untuk membuat mereka lebih siap secara spiritual.
10. Persiapan PTN semester 2
Semua materi wajib diselesaikan di semester 1. Hal ini dilakukan agar siswa lebih difokuskan ke UTBK sebab siswa yang masuk PTN diperkirakan bulan April. Waktu yang sedikit tentu perlu dimaksimalkan oleh SMAIT Al Furqon Palembang.
11. Seminar bersama Alumni
Kegiatan seminar bersama alumni menjadi modal penting bagi SMAIT Al Furqon sebab kakak alumni membantuk mereka dalam belajar.

Lihat Juga :  Sabet 2 Penghargaan Sekaligus, Sabrina Dinobatkan Sebagai Putri Remaja Indonesia 2021

“ Melalui dukungan, support dan tentunya doa para orang tua. Alhamdulillah, hasil dari program siap masuk PTN ini sukses menghantarkan mereka masuk Perguruan Tinggi Nasional. Insya Allah, kedepan melalui tim khusus ini kita akan coba upayakan agar mereka tidak hanya menjangkau PTN dalam negeri, akan tetapi bisa masuk ke PTN luar negri juga,” harapnya. (JEMMY SAPUTERA)

Close
Close