KELUARGA

Begini Cara Agar Anak Bisa Bangun dan Shalat Subuh

ASSAJIDIN.COM  – Menjadi kedua orangtua tentunya memiliki peran penting dalam mendidik anak, terutama dalam pendidikan agama.

Salah satu pendidikan agama yang wajib diajarkan kedua orangtua yaitu bagaimana cara agar anak menyukai dan melaksanakan salat yang merupakan hukum wajib dilaksanakan dalam islam.

Rasulullah bersabda, ”Ajarilah anak salat oleh kalian sejak usia 7 tahun dan pukullah dia karena meninggalkannya bila telah berusia 10 tahun.”

Ustadz Akhiruddin Lc mengatakan mengajari anak untuk salat tentunya dimulai dari membiasakan orangtua untuk mengajak anak salat ketika waktu salat telah tiba.

Lihat Juga :  Kiat Menumbuhkan Minat Baca pada Anak

“Apalagi kalau salat subuh, Biasakan orangtua untuk membangunkan anaknya setiap mau sholat shubuh. Anak kecil jika sudah dibiasakan maka akan terus menerus membiasakan diri,”katanya, Jum’at (26/3/21)

Ajak anakmu bahkan gendong anakmu, untuk melaksanakan salat.

Kemudian, tambah Akhiruddin, ajarkan anak untuk berpuasa agar kelak juga terbiasa sehingga tidak ada paksaan melakukannya.

“Orang dahulu ketika anak merasa lapar maka orangtua mengajak anak untuk bermain. Bukan menyuruh anak untuk berpuasa setengah hari,”katanya.

Ajarkan anak untuk Istiqomah karamah, berdoa kepada allah az zaalah untuk kita agar beristiqomah.
“Karena istiqomah ini mahal maka dari itu doa lah kamu sampai akhir. Berdoa tetapkanlah aku pada agamamu,” katanya.(*)

Lihat Juga :  Quran Surat At-Takasur 1-8: Allah Ingatkan, Tanggung Jawab Jadi Orang Kaya

Penulis: tri jumartini

Back to top button