INTERNASIONAL

Melancong ke Kanada, Negara Teraman Berwisata

ASSAJIDIN.COM — Semua kita tentu ingin perjalanan wisata kita aman dan nyaman.

Tidak khawatir terjadinya gangguan, sehingga kita leluasa kemana saja, baik sendirian maupun bersama-sama.

Sebuah studi terbaru oleh perusahaan asuransi Berkshire Hathaway Travel Protection’s State Travel Insurance, posisi teratas negara paling aman untuk turis 2023-2024 ditempati Kanada.

Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai masalah keamanan, seperti terorisme, tindak kesehatan, keadaan darurat cuaca, keamanan kelompok yang kurang terwakili, keamanan bagi perempuan, pencurian, hingga faktor-faktor kesehatan lain.

 

Vancouver Island. (Foto : Canada By Design)

 

Kanada menjadi destinasi yang tepat jika kamu ingin solo travelling.

Apa saja, sih yang menyebabkan negara Kanada menjadi negara yang aman dan nyaman?

– Tingkat Kriminalitas Rendah

Alasan pertama adalah karena tingkat kriminalitas yang rendah di Kanada. Dilansir dari getgis, Kanada memiliki sistem penegakan hukum yang berfungsi dengan baik yang dapat memastikan keamanan publik dan menjaga ketertiban.

Kepolisian di Kanada bermitra baik dengan para anggota masyarakat sehingga mudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan bekerja sama. Selain itu, Kanada menjunjung tinggi tindakan pencegahan terhadap kejahatan.

Beberapa program yang terkait seperti program pencegahan kejahatan berbasis komunitas dan yang bertujuan mengurangi penyalahgunaan narkoba.

Kanada adalah negara yang sangat ketat dalam mengatur undang-undang terkait kepemilikan senjata api sehingga masyarakat tidak bisa seenaknya membeli atau menjual senjata api.

– Masyarakat yang Inklusif, Ramah, dan Multikultural

Kanada adalah negara yang sangat welcome terhadap para imigran sehingga disebut negara yang multikultural dan sangat toleransi terhadap perbedaan suku, ras, dan juga budaya.

Masyarakatnya juga memegang nilai inklusif sehingga cocok menjadi tempat orang-orang dari negara lain untuk menetap maupun hanya sebagai destinasi wisata saja.

Masyarakatnya yang ramah, inklusif, dan sangat terbuka akan perbedaan menjadikan Kanada sebagai tempat yang nyaman bagi para turis untuk mengeksplorasi sekaligus mingle dengan masyarakat.

Tak heran jika Kanada berada di peringkat ke-13 destinasi negara bagi para solo traveler.

– Keadaan Ekonomi Stabil

Angka kestabilan ekonomi Kanada sangat tinggi, yaitu sebesar 98.2. Akses kesehatan gratis dengan pelayanan terbaik, pendidikan yang sangat bagus, tingkat pengangguran yang rendah, dan juga gaji yang tinggi membuat penduduknya tidak stress dan terbebani dengan berbagai biaya hidup.

Tentu saja, ekonomi yang stabil ini juga berpengaruh terhadap tingkat keamanan di suatu negara. Kalau rakyatnya bahagia dan sangat diperhatikan pemerintah, maka bisa dibilang negara tersebut sangat nyaman.

– Pemandangan Alam yang Indah

Banyak sekali tempat-tempat bagus di Kanada yang bisa dikunjungi oleh para turis.

Dilansir dari Lonelyplanet, ada beberapa tempat yang wajib dikunjungi di Kanada yang menawarkan pemandangan alam indah.

Apa saja?

Berikut di antaranya :

– The Canadian Rockies

– Manitoulin Island

– Baffin Island

– Vancouver Island

– Niagara Falls

– Churchill

– Calgary Stampede

– Banff National Park.

Selain pemandangan alam, wisata budaya dan tentunya, kuliner juga menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan di Kanada.

Kalau mau merasakan pengalaman multikultural, bisa pergi ke Toronto karena menjadi kota yang paling beragam budayanya.

Pergi ke Vancouver untuk menikmati pantai pada saat musim panas atau pergi ke Old Quebec City yang menawarkan nuansa romantis dengan pemandangan kota yang indah.

 

Bunga saskatchewan yang sedang mekar di Kanada. (Foto : Pngtree)

 

Empat Musim 

Kanada mengalami empat musim yang berbeda: musim semi, musim panas, musim gugur (autumn), dan musim dingin.

Lihat Juga :  Sukses Serang Israel, Ketua MUI: Terima Kasih Iran Telah Wakili Jihad Lawan Israel

Namun, waktu dan durasi musim-musim ini dapat bervariasi tergantung wilayahnya karena luasnya negara tersebut.

Berikut gambaran umum musim di Kanada:

Musim Semi (Maret hingga Mei)

Musim semi menandakan berakhirnya musim dingin, dan seiring dengan kenaikan suhu secara bertahap, salju dan es mulai mencair. Bunga bermekaran, dan pepohonan mendapatkan kembali dedaunannya.

Musim semi tidak dapat diprediksi dengan suhu yang berfluktuasi dan curah hujan yang sesekali terjadi, namun musim semi membawa semangat baru dan harapan akan hari-hari yang lebih hangat.

Musim Panas (Juni hingga Agustus)

Musim panas di Kanada umumnya hangat, meskipun intensitasnya bervariasi di seluruh negeri. Daerah pesisir mempunyai angin sejuk, sedangkan daerah pedalaman bisa menjadi panas dan lembap.

Ini adalah musim yang populer untuk aktivitas luar ruangan karena taman, danau, dan pantai menjadi hidup. Festival, hiking, berkemah, dan olahraga air dinikmati selama musim yang semarak ini.

Musim Gugur/Musim Gugur (September hingga November)

Musim gugur di Kanada adalah saat keindahan alam yang menakjubkan saat dedaunan berubah warna, menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

Suhu berangsur-angsur menjadi dingin, dan udara musim gugur yang sejuk mulai terasa. Festival panen sedang berlangsung, dan ini adalah waktu yang tepat untuk hiking, fotografi, dan menjelajahi alam.

Musim Dingin (Desember hingga Februari)

Musim dingin di Kanada bisa sangat keras dan dingin, terutama di wilayah utara. Salju menyelimuti sebagian besar negara, menciptakan peluang untuk olahraga musim dingin seperti ski, seluncur salju, dan seluncur es.

Iklim di setiap provinsi berbeda-beda, dan wilayah pesisir mengalami musim dingin yang lebih sejuk. Ini juga merupakan waktu yang ajaib untuk festival musim dingin, patung es, dan aktivitas dalam ruangan yang nyaman.

 

Berkano di Kanada. (Foto : iStok)

 

Musim Puncak

Bulan-bulan musim panas biasanya merupakan musim puncak di Kanada.

Bagi mereka yang mencari petualangan luar ruangan, musim puncak adalah waktu yang ideal untuk melakukan banyak aktivitas.

Dari berkayak dan berkano di sungai sebening kristal hingga bersepeda gunung dan panjat tebing di medan yang menantang, ada banyak kemungkinan yang bisa memuaskan rasa petualangan Anda.

Suhu yang lebih hangat membuat nyaman untuk menjelajahi banyak jalur pendakian di Kanada, memberikan pemandangan lanskap yang menakjubkan dan melihat dari dekat kekayaan flora dan fauna di negara tersebut.

Musim puncak di Kanada berarti hari-hari yang lebih panjang, memungkinkan pengunjung untuk menikmati perjalanan mereka semaksimal mungkin. Jam siang hari yang diperpanjang memberikan waktu yang cukup untuk menjelajahi dan menikmati semua yang ditawarkan negara ini.

Pada hari-hari yang lebih panjang, Anda dapat memperpanjang petualangan Anda hingga malam hari dan menciptakan kenangan tak terlupakan saat mendaki, menjelajahi situs bersejarah, atau menikmati pemandangan yang menakjubkan.

 

Banff National Park. (Foto : Life With 2 Cubs)

 

Waktu Populer 

Bulan-bulan musim panas (Juni hingga Agustus/September)

Dengan cuaca yang hangat dan hari yang lebih panjang, ini adalah waktu yang ideal untuk menjelajahi taman nasional di negara ini dan melakukan aktivitas luar ruangan.

Dari hiking di pegunungan Rocky hingga berkayak di danau alami di Taman Provinsi Algonquin, petualangan selalu ada.

Bulan-bulan musim panas juga menghadirkan suasana kota-kota Kanada yang semarak dan semarak dengan festival, konser luar ruangan, dan pasar jalanan menjadi pusat perhatian.

Musim dingin (Desember hingga Februari)

Negara ini terkenal dengan resor ski dan negeri ajaib musim dinginnya, yang menawarkan peluang bermain ski, seluncur salju, dan sepatu salju kelas dunia.

Lihat Juga :  Destinasi Wisata UEA (1) : Palm Jumeirah, Bikin Seru dan Nyaman Liburan Kamu

Di destinasi seperti Banff dan Whistler, Anda dapat bermain ski di siang hari dan bersantai di dekat api unggun di malam hari.

Musim dingin di Kanada adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan fenomena magis Cahaya Utara, terutama di wilayah utara negara tersebut.

Bulan-bulan musim semi (Maret hingga Mei)

Negara ini menjadi hidup dengan warna-warna cerah dan bunga-bunga yang bermekaran selama musim ini.

Bunga sakura di Vancouver, tulip di festival tulip terbesar di Ottawa, dan kebangkitan dedaunan di taman nasional memberikan pengalaman yang indah dan mengesankan.

Suhu yang lebih sejuk dan cuaca yang nyaman selama waktu ini menjadikannya sempurna untuk menjelajahi alam bebas dan menikmati keindahan lanskap Kanada.

Perhatikan bahwa waktu populer untuk mengunjungi Kanada juga berarti lebih banyak orang dan harga lebih tinggi.

Atraksi dan akomodasi cenderung lebih sibuk, dan disarankan untuk memesan terlebih dahulu untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Untuk menghindari kesibukan musim puncak, pertimbangkan untuk merencanakan kunjungan Anda selama musim sepi atau di luar jam sibuk.

Akhir musim semi dan awal musim gugur menawarkan cuaca yang menyenangkan, lebih sedikit keramaian, dan pilihan yang lebih terjangkau namun tetap memungkinkan Anda merasakan keindahan dan pesona Kanada.

 

Authentic Canadian Pountine. (Foto : Seasons and Suppers)

 

Tips Berlibur 

1. Tentukan Destinasi dan Liburan yang Ingin Diambil

Kanada adalah negara yang sangat besar dengan banyak pilihan destinasi dan kegiatan liburan yang bisa dilakukan. Sebelum berangkat, tentukan dulu destinasi dan jenis liburan yang ingin diambil. Apakah ingin berkunjung ke Niagara Falls atau menikmati liburan musim dingin di Whistler?

2. Periksa Persyaratan Masuk

Sebelum berlibur ke Kanada, pastikan Anda memeriksa persyaratan masuk terkait visa dan paspor. Warga Indonesia membutuhkan visa kunjungan yang bisa didapatkan secara online atau melalui aplikasi eTA.

3. Periksa Cuaca dan Musim

Kanada terkenal dengan musim dinginnya yang sangat dingin. Pastikan Anda memeriksa cuaca dan musim di tempat yang akan dikunjungi agar bisa membawa pakaian yang sesuai.

4. Rencanakan Waktu yang Cukup

Kanada memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pastikan Anda merencanakan waktu yang cukup untuk menikmati destinasi yang ingin dikunjungi.

5. Jangan Lupa Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan penting saat berlibur ke luar negeri. Pastikan Anda membeli asuransi perjalanan sebelum berangkat ke Kanada.

6. Bersiap untuk Bahasa Inggris dan Prancis

Bahasa resmi di Kanada adalah Inggris dan Prancis. Jangan lupa untuk mempelajari sedikit bahasa Inggris atau Prancis agar bisa berkomunikasi dengan penduduk setempat jika diperlukan.

7. Gunakan Transportasi Umum dan Sewa Mobil

Transportasi umum di Kanada sangat mudah digunakan. Namun, jika ingin lebih leluasa menjelajahi tempat wisata, sewa mobil adalah pilihan yang lebih baik.

8. Cari Penginapan Terbaik

Kanada menawarkan banyak jenis penginapan seperti hotel, hostel, dan Airbnb. Cari penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

9. Nikmati Makanan Lokal

Kanada terkenal dengan makanan tradisionalnya seperti poutine dan maple syrup. Nikmati makanan lokal saat berkunjung ke Kanada.

10. Jangan Lupa Atraksi Wisata Gratis

Banyak atraksi wisata gratis yang bisa dinikmati di Kanada seperti Stanley Park di Vancouver dan Royal Ontario Museum di Toronto. Pastikan Anda mengunjungi beberapa atraksi wisata gratis ini.

Selamat berlibur!

(Dari berbagai sumber)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button