MOZAIK ISLAM

Aisyiyah Sumsel Gelar Beragam Kegiatan Ramadhan, Dari Kajian hingga Peduli Dhuafa

ASSAJIDIN.COM — Majelis Tabligh dan Ketarjihan (MTK) Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Sumatera Selatan (Sumsel) menyelenggarakan berbagai kegiatan selama bulan Ramadhan 1445 H. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan syiar Islam dan membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan MTK PWA Sumsel di bulan Ramadhan ini fokus pada tiga program utama, yaitu Gerakan Perempuan Mengaji (GPM), Bimbingan Pranikah, dan Dakwah Komunitas,” ungkap Koordinator MTK PWA Sumsel, Dra. Murtiningsih, M. Pd. I.

GPM Membawa Tema Puasa dan Kesehatan
Pada tanggal 11 Ramadhan 1445 H, GPM menghadirkan Prof. dr. H. Edy Mart Salim, Sp. PD untuk membahas tema “Puasa dan Kesehatan” di Masjid Jamik Balayudha. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan perempuan dari berbagai kalangan.
*Bimbingan Pranikah Persiapkan Generasi Muda Membangun Keluarga Sakinah*
MTK PWA Sumsel juga mengadakan Bimbingan Pranikah untuk siswa kelas 12 SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang pada tanggal 18 Sya’ban 1445 H / 22 Februari 2024 M. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membangun keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.
*Peduli Dhuafa: Pemberian Paket Ramadhan dan Dakwah Komunitas*
MTK PWA Sumsel juga menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat yang membutuhkan dengan membagikan paket Ramadhan kepada para pemulung, tukang becak, dan kaum dhuafa lainnya pada tanggal 19 Ramadhan 1445 H/ 29 Maret 2023 M.
Selain itu, MTK PWA Sumsel juga aktif dalam Dakwah Komunitas yang menyasar berbagai kelompok masyarakat, seperti komunitas mualaf, dhuafa, dan orang tua siswa.
“Dakwah Komunitas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan agama Islam di kalangan masyarakat,” jelas Dra. Hj. Sutriati, Ketua MTK PWA Sumsel.

Lihat Juga :  Memperbanyak Istighfar

Kegiatan Dakwah Komunitas MTK PWA Sumsel meliputi:

*Komunitas Mualaf*: Ceramah agama, pembinaan baca Al-Qur’an, dengan memberikan Iqro dan pendampingan baca tulis Qur’an, serta pembagian paket Ramadhan. *Komunitas Dhuafa* yang terdiri dari Tukang Becak, PKL, dll yang rata-rata beroperasi disekitar wilayah PCM Bukit Kecil mereka dibina perkelompok melalui kegiatan pengajian, pembagian sembako, uang, pakaian layak pakai, kain sarung, dan iqro. Ada sekitar 100 orang lebih yang sudah ikut dalam komunitas ini, pada 27 Ramadhan 1445 H / 5 April 2024 kemarin sudah dilaksanakan santunan pemberian paket Sembako untuk persiapan merayakan idul Fitri. Ujang, Salah Salah penerima manfaat program ini yang berprofesi sebagai tukang becak mengatakan, saya merasa senang dengan ikut di komunitas ini, karena bukan hanya mendapatkan sembako saja, tapi juga kami dibina tentang ilmu keagamaan, terutama baca tulis Qur’an dan insyaAllah menjadi rutinitas kami sebagai umat Islam untuk melaksaakan solat 5 waktu, yang biasanya masih sering tinggal atau tidak melaksanakan solat.
“Alhamdulillah, terima kasih Muhammadiyah dan ibu-ibu dari Aisyiyah sudah melakukan pembinaan kepada kami”,tambahnya.

Lihat Juga :  Bacaan Doa Agar Dimudahkan Membayar Utang

*Komunitas Pengajian Orang Tua Siswa*: Pembinaan terhadap orang tua siswa berupa baca iqro dan Al-Qur’an, pembinaan pelaksanaan sholat, dan pemberian paket sembako, uang, dan pakaian layak pakai bagi orang tua siswa dari keluarga pra sejahtera.

Majelis Tabligh dan Ketarjihan PWA Sumsel berharap dengan berbagai kegiatan ini dapat meningkatkan syiar Islam dan membantu masyarakat yang membutuhkan, sehingga tercipta masyarakat yang sejahtera dan bermartabat.(andiwijaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button