DUNIA ISLAMINTERNASIONAL

Pesona Wisata Yordania (4) : Aqaba, Kota Pesisir Nan Indah Sarat dengan Budaya dan Sejarah 

ASSAJIDIN.COM — Pesona wisata satu ini tak usah diragukan lagi.

Buktinya cukup banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Kota Aqaba, namanya.

Kota Aqaba terletak di sebelah selatan Yordania, sangat dekat dengan perbatasan Israel.

Selain dikenal sebagai kota ilmiah, industri, budaya, sosial, juga populer dengan sebutan kota pantai.

Kamu bisa menemukan banyak resort-resort mewah di Teluk Tala di selatan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi reruntuhan arkeologi Tall Hujayrat Al-Ghuzlan.

Atau bisa juga melihat kebun kurma dari Shatt Al-Ghandour bahkan scuba diving melihat banyak ikan dan terumbu karang dari bawah laut.

 

Pantai Al-Hafayer di Aqaba. (Foto : Expedia.co.id)

Pengamatan Burung Aqaba 

Jika Anda mengunjungi Kerajaan Hashemite di musim gugur atau musim semi, sebaiknya Anda mengunjungi Observatorium Burung Aqaba.

Dengan misi melestarikan habitat alami burung migran Jordan, Anda bisa mengintip eksklusif burung air di rute migrasi mereka antara Afrika, Eropa, dan Asia Barat. Observatorium Burung Aqaba adalah tempat yang tepat untuk keluarga.

Aqaba Aquarium 

Kota Aqaba dipenuhi dengan kehidupan akuatik. Lakukan perjalanan penemuan melalui Akuarium Aqaba untuk mengungkap harta karun Laut Merah.

Sebagai bagian dari Kompleks Stasiun Ilmu Kelautan, Akuarium menawarkan kesempatan untuk menyelam tanpa basah dan menyaksikan kehidupan air di dalam Laut Merah!

Museum Militer 

Museum militer bawah air pertama di dunia tak jauh dari pantai Aqaba. Sebanyak 19 buah perangkat keras semuanya dalam “formasi pertempuran” dan termasuk tank dengan ukuran berbeda, ambulans, derek militer, pengangkut pasukan, senjata anti pesawat terbang, dan helikopter tempur.

Situs Cedar Pride Dive

Pride pohon cedar ditenggelamkan untuk penyelam pada 16 November 1985. Kapal itu sekarang terbaring di sisi pelabuhannya di seberang dua terumbu karang.

Pertumbuhan karang lunak di tiang sangat fantastis. Mereka yang berpengalaman dapat menjelajahi interiornya!

Situs Jepang Taman Dive

Situs penyelaman ini memiliki flora dan fauna yang menakjubkan dan semuanya di kedalaman yang dangkal!

Tempat ini sangat populer di kalangan perenang snorkel dan dikenal sebagai salah satu area tercantik di Aqaba.

Ini adalah penyelaman yang baik untuk semua, karena memiliki Penyu Sisik, Barracuda yang berkerumun, kawanan sersan jurusan dan fusiliers ditambah formasi karang yang indah.

Situs C-130 Dive

Atraksi terbaru Taman Laut ditenggelamkan pada 16 November 2017 dan telah menjadi favorit para penyelam.

Setelah upacara besar yang diselenggarakan oleh ASEZA dan dihadiri dari media internasional dan pengunjung, tempat peristirahatan terakhir pesawat terletak dekat dengan beberapa lokasi penyelaman populer.

Akademi Golf Ayla. (Foto : Yellowtrace)

Akademi Golf Ayla

Saat berada di Aqaba, perjalanan ke lapangan golf 18 lubang par-72 pertama di Yordania adalah suatu keharusan.

Berada di antara tiga lapangan golf ramah lingkungan terbaik dunia, Ayla Golf Course menawarkan pengaturan spektakuler dari pegunungan megah teluk Aqaba.

Lapangan Golf Ayla dirancang oleh Greg Norman yang legendaris dengan filosofi desain untuk menciptakan lapangan golf andalan utama yang menyatu dengan lingkungan sekitarnya dan meningkatkan fitur alami properti.

Dengan fasilitas latihan yang diterangi lampu sorot yang beroperasi sepenuhnya dengan tenaga surya, lapangan emas mengakomodasi para pegolf untuk berlatih lama setelah matahari terbenam sambil menikmati sejuknya angin malam Aqaba bersama teman-teman.

Ayla Wake Park

Rasakan sensasi olahraga air tingkat baru di pantai Ayla B12. Fasilitas ski cable wake park Ayla 442m cocok untuk mereka yang mencari petualangan dan hiburan.

Jika Anda seorang profesional atau amatir sensasi diberikan melalui rintangan yang berkenan, landai dan slider dan ruang terbuka lebar untuk trik air akrobatik.

Lihat Juga :  Pesona Wisata Yordania (6) : Wadi Al-Mujib Dam, Cocok Bagi Pecinta Alam dan Penggemar Petualangan
Museum Arkeologi Aqaba. (Foto : Tripadvisor)

Museum Arkeologi Aqaba

Museum Arkeologi Aqaba terletak di rumah Aqaba milik Sherif Hussein Bin Ali. Museum ini dibuka untuk umum pada tahun 1990.

Saat ini museum ini menyimpan koleksi penting dari situs Islam Ayla, tertanggal dari periode Rashidun, Umayyad, Abbasiyah dan Fatimiyah, dengan demikian mewakili periode Islam dari pertengahan ke-7 hingga awal tahun Abad ke-12 Masehi.

Di antara yang dipamerkan adalah prasasti Kufi dari Ayat Al-Kursi; dari Alquran, yang melampaui gerbang timur (Mesir) kota, dan tumpukan emas dinar Fatimiyah yang dicetak di Sajilmasa di Maroko.

Arab Revolt Plaza

Tur Anda ke situs bersejarah Aqaba berpuncak di Great Arab Revolt Plaza. Alun-alun besar ini adalah tempat yang bagus untuk bersantai dan menikmati pemandangan pantai tengah, dan karenanya dianggap sebagai tempat pelarian yang ideal bagi pengunjung. Pentingnya Plaza terletak pada nilai historisnya.

Itu mencakup bendera Pemberontakan Arab Besar, dan rumah Pemimpin Revolusi Arab, Al Hussein Bin Ali. Ini menyandang simbolisme nasional yang sangat penting ketika tanah Yordania pertama diinjakkan oleh tentara revolusi yang dipimpin oleh Al Sharif Hussein bin Ali. Itu juga merupakan tempat peluru pertama Pemberontakan Arab ditembakkan.

Souq by the Sea

Acara ini diadakan setiap malam Frida, selama bulan-bulan musim dingin, di Aqaba dan menampilkan lebih dari 50 seniman lokal, musik live, serta makanan dan minuman otentik. Bergabunglah dalam kesenangan untuk pengalaman yang tak terlupakan!

 

Masjid Sharif Hussein bin Ali. (Foto : Expedia.co.id)

Masjid Sharif Hussein bin Ali 

Masjid ini dinamai Hussein bin Ali yang merupakan Sharif dan Emir Mekkah dari 1908 hingga 1917. Dikenal sebagai pemrakarsa Pemberontakan Arab, Al Sharif Hussein Bin Ali berdiri melawan Kekaisaran Ottoman yang semakin nasionalis selama Perang Dunia Pertama.

Dengan struktur putih bersih, jendela kaca yang rumit dan menara yang menjulang tinggi, masjid Al Hussein Bin Ali adalah suar arsitektur Islam dan pemandangan yang bergerak di antara hiruk-pikuk kehidupan kota.

Itu juga membanggakan kubah terbesar di antara masjid-masjid Yordania. Itu dianggap sebagai masjid utama bagi warga Aqaba.

Pengunjung dapat dengan tenang berjalan-jalan di sekitar interior yang elegan dan menyaksikan kehidupan sehari-hari kota yang paling tenang dan saleh.

Ayla Islam 

Digali pada pertengahan abad ke-19 dan berasal dari periode Islam pertama, Ayla adalah sisa-sisa dari masyarakat Islam kuno yang terletak di pusat Aqaba. Dibangun pada 650AD, wisatawan dapat melihat langsung keindahan kerajaan Islam berabad-abad yang lalu.

Gereja Roma Abad ke 4

Selama periode Bizantium, banyak pembangunan terjadi di seluruh Yordania. Semua kota besar di zaman Romawi terus berkembang seiring pertumbuhan populasi regional.

Ketika agama Kristen berkembang di seluruh wilayah ini pada abad keempat, gereja-gereja mulai bertumbuh di Yordania.

Dari kancah Kristen yang berkembang ini datang salah satu penemuan paling menarik belakangan ini, di mana para arkeolog di Aqaba telah menemukan apa yang mereka yakini sebagai gereja tertua di dunia, dari akhir abad ke-3 Masehi.

Ini sedikit lebih tua dari Gereja Makam Suci di Yerusalem dan Gereja Kelahiran di Betlehem, keduanya berasal dari abad ke-4. Sejak itu telah diisi kembali dengan tanah untuk perlindungan.

Wisata Pulau Pharaoh

Terletak di lepas pantai Aqaba adalah Pulau Firaun. Ini adalah sekitar 1 jam berlayar dari Pelabuhan Aqaba.

Lihat Juga :  Masjid Kami Masjid Al-Aqsha (1) : Kiblat Pertama Bagi Kaum Muslimin

Terletak di Pulau Firaun (Pulau Coral atau Geziret Faraun) di Teluk Aqaba adalah sebuah benteng menakjubkan yang berdiri dengan anggun di antara air jernih Taba.

Benteng ini dibangun pada masa Tentara Salib oleh Baldwin I, Raja Yerusalem pada tahun 1116 M. Raja Baldwin terutama membangun benteng ini karena berada di tengah jalur perdagangan besar antara Timur Jauh dan Eropa, dengan mudah dipertahankan karena berada di tempat tinggi. Tanah, adalah titik tersempit di Teluk Aqaba.

Dalam perjalanan selama 6 jam, Anda dapat mengunjungi Pulau dan menjelajahi Benteng, snorkeling di perairan biru jernih di sekitar Pulau dan menikmati makan siang bbq di atas kapal pesiar.

 

Kebab Yordania. (Foto : Shutterstok)

Keistimewaan Kuliner

Sebagai sebuah pelabuhan, Aqaba menawarkan beragam pilihan kuliner yang lezat. Anda dapat menikmati hidangan khas Timur Tengah yang autentik, seperti kebab, hummus, dan falafel di restoran lokal.

Jangan lewatkan untuk mencicipi makanan laut segar, seperti ikan bakar dan udang, yang ditangkap langsung dari Laut Merah.

Aksesibilitas

Akses ke Aqaba relatif mudah. Kota ini memiliki bandara internasional, sehingga Anda dapat terbang langsung ke Aqaba dari berbagai destinasi di dunia.

Selain itu, Aqaba juga terhubung dengan jaringan jalan yang baik, sehingga dapat dijangkau dengan mobil atau bus dari Amman dan kota-kota lain di Yordania.

Al – Amer Hostel 2 Aqaba. (Foto : Hotelmix. id)

Tips Pengunjung

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat mengunjungi Aqaba.

Musim Terbaik untuk Mengunjungi

Aqaba memiliki iklim kering dan panas sepanjang tahun. Musim terbaik untuk mengunjungi adalah antara bulan Maret hingga Mei dan antara September hingga November ketika suhu tidak terlalu panas.

Pakaian yang Sesuai

Karena iklim yang panas, pilih pakaian yang nyaman dan ringan, seperti kaos berlengan pendek, celana pendek, atau rok.

Juga, jangan lupa membawa perlindungan matahari seperti topi, kacamata hitam, dan tabir surya.

Aktivitas Air

Jika Anda berencana melakukan snorkeling atau diving, pastikan untuk membawa peralatan yang sesuai atau Anda dapat menyewanya di tempat penyewaan terdekat.

Juga, perhatikan petunjuk keamanan dan ikuti instruksi dari instruktur jika Anda tidak berpengalaman dalam aktivitas tersebut.

Keamanan

Aqaba adalah kota yang relatif aman, namun tetap perhatikan barang-barang berharga Anda dan jaga keamanan pribadi Anda seperti di tempat lain.

Selalu perhatikan lingkungan sekitar Anda dan ikuti saran dari otoritas lokal jika ada.

Menjaga Lingkungan

Aqaba adalah tempat yang indah dan mempesona, jadi pastikan untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Hindari merusak atau mengambil benda-benda bersejarah di situs-situs arkeologi.

Berinteraksi dengan Penduduk Lokal

Berinteraksi dengan penduduk lokal dapat memberikan pengalaman yang berharga.

Hormati budaya mereka, belajar sedikit bahasa Arab seperti salam (marhaba) atau terima kasih (shukran), dan jangan ragu untuk mencoba hidangan lokal.

Jelajahi Tempat Lain di Sekitar Aqaba

Jika waktu Anda memungkinkan, manfaatkan kesempatan untuk menjelajahi tempat-tempat terdekat seperti Wadi Rum atau Petra yang terkenal di Yordania.

Keamanan Wisata Air

Saat berenang atau beraktivitas di perairan, perhatikan kondisi air dan ikuti peringatan keamanan.

Pastikan Anda memiliki keterampilan yang cukup dan mengikuti instruksi jika sedang melakukan olahraga air.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menikmati kunjungan Anda ke Aqaba dengan lebih baik.

Selamat menikmati keindahan Laut Merah dan pengalaman yang tak terlupakan di Aqaba! (Dari berbagai sumber)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button