KELUARGA

Adab Menempati Rumah Baru Menurut Islam

AsSAJIDIN.COM — Menempati rumah baru baik yang baru dibangun, direnovasi atau baru dibeli, ada adab-adabnya. Hal ini tidak lain sebagai bentuk syukur kepada Allah dan agar rumah yang ditempati membawa keberkahan.

Adab Menempati Rumah Baru:

1. Bersyukur
Mengadakan Syukuran
Untuk bentuk rasa syukur, kita bisa mengadakan walimah, dan bagi-bagi makanan untuk lingkungan sekitar. Walimah ini sering diistilahkan deng. Sebagian ulama sangat menganjurkan hal ini, diantaranya AL-Imam As-Syafi’i.

“Di antara bentuk walimah adalah AL-Wakirah. Saya tidak memberi kelonggaran untuk meninggalkannya” (Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwatiyah, 8/207)

Tentang bersyukur juga dijelaskan oleh Allah pada surat Ibrahim ayat 7, seperti firman Allah:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Dalam ayat ini Allah swt kembali mengingatkan hamba-Nya untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah dilimpahkan-Nya. Bila mereka melaksanakannya, maka nikmat itu akan ditambah lagi oleh-Nya.

2. Memasuki rumah ucapkan Masya Allah
Ketika masuk rumah baru membaca “Masya Allah laa Quwwata illa billaah” (Sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah).

Lihat Juga :  Bentuk-bentuk dan Buah Silaturrahmi

Ibnu Qayyim menjelaskan dalam Al Wabilus Shayyib, bahwa seseorang yang hendak masuk rumah atau kebun hendaknya membaca kalimat diatas sebagai bentuk rasa syukur atas nikamat Allah SWT. Hal ini didasarkan pada firman Allah:

وَلَوْلَآ اِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَاۤءَ اللّٰهُ ۙ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللّٰهِ ۚاِنْ تَرَنِ اَنَا۠ اَقَلَّ مِنْكَ مَالًا وَّوَلَدًاۚ

Artinya: “Dan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, la quwwata illa billah” (Sungguh, atas kehendak Allah, semua ini terwujud), tidak ada kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah, sekalipun engkau anggap harta dan keturunanku lebih sedikit daripadamu.”

Rasulullah SAW bersabda,

“Jika Allah memberi kepada seorang hamba nikmat kebaikan terhadap keluarga, harta, atau anak, kemudian dia membaca ‘Masya Allah, laa quwwata illaa billaah’ maka dia tidak akan melihat adanya cacat dalam nikmat selain kematian” (HR. At-Tabrani)

3. Ucapkan Salam
Ketika hendak menempati rumah baru, hendaknya ucapkan salam. Hal ini dilakukan untuk mencegah setan masuk ke dalam rumah yang dapat membuat suasana rumah tidak nyaman dan keburukan lainnya.

Lihat Juga :  Polrestabes Palembang dan Jurnalis Inginkan Hubungan Solid

Tak hanya itu, salam dan doa yang dilafalkan saat masuk ke rumah juga bisa mendatangkan kebaikan. Jadi, rumah pun akan terasa nyaman, aman, dan penuh berkah. Ucapan salam juga tak hanya diucapkan ketika hendak memasuki rumah baru, namun setiap kita memasuki bangunan apapun.

4. Membaca Basmalah Usai Menutup Pintu
Usai menutup pintu, adab yang baik ketika menempati rumah baru adalah senantiasa membaca basmalah. Ini merupakan hal yang dianjurkan Rasulullah SAW.

Dari Jabir bin Abdillah, Nabi SAW memberikan banyak saran agar kita tidak diganggu setan. Rasulullah SAW bersabda:

“Tutuplah pintu, dan sebutlah nama Allah. Karena syetan tidak akan membuka pintu yang tertutup (yang disebut nama Allah)” (HR. Muslim dan Bukhari).

5. Berdoa
Ketika menempati rumah baru, kita dianjurkan untuk memanjatkan doa. Doa dimaksudkan agar terhindar dari mata jahat yang datangnya dari setan dan manusia. Selain itu, doa juga dimaksudkan agar rumah yang ditempati diberkahi Allah dan membuat pemiliknya betah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button