MOZAIK ISLAM

One Day One Ayat : Surat Yasin Ayat 9 Dinding Penghalang Sebab Keangkuhan

assajidin.com

Surat Yasin Ayat 9

وَجَعَلْنَا مِنۢ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا فَأَغْشَيْنَٰهُمْ فَهُمْ لَا يُبْصِرُونَ

Arab-Latin: Wa ja’alnā mim baini aidīhim saddaw wa min khalfihim saddan fa agsyaināhum fa hum lā yubṣirụn

Artinya: Dan Kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat.

 

Kandungan Mendalam Mengenai Surat Yasin Ayat 9
Paragraf di atas merupakan Surat Yasin Ayat 9 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan kandungan mendalam dari ayat ini. Tersedia sekumpulan penjabaran dari kalangan mufassirin terhadap makna surat Yasin ayat 9, di antaranya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan Kami menjadikan dinding penghalang di depan orang-orang kafir dan juga di belakang mereka, sehingga mereka seperti orang yang dihalang-halangi jalannya dari depan kedua matanya dan dibelakangnya. Lalu Kami membutakan penglihatan mereka disebabkan oleh kekafiran dan kesombongan mereka. Mereka tidak melihat jalan lurus dan tidak mendapatkan petunjuk kepadanya. Siapa pun yang berpaling dari dakwah Islam dan menentangnya, maka dia layak mendapatkan azab ini.

Lihat Juga :  One Day One Hadist and Ayat : Amalan yang Menyelamatkanmu dari Murka Allah

📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta’dzhim al-Qur’an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur’an Univ Islam Madinah

9. Dan Kami membuat penghalang di depan dan belakang mereka yang mengepung mereka dari segala sisi, sehingga mereka terhalang dari cahaya petunjuk; oleh sebab itu mereka tidak menerima kebenaran dan tidak berhenti dari kesesatan, namun mereka tetap terkepung di antara penghalang itu, sekaligus mendapat menutup yang menutupi dan membutakan mata mereka. Mereka tersandera dalam gelapnya kekafiran dan hawa nafsu, dan terhalang dari keimanan dan petunjuk.

📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

9. Kami menjadikan penghalang dari kebenaran di depan mereka, penghalang dari belakang mereka, Kami menutup penglihatan mereka dari kebenaran sehingga mereka tidak melihat kebenaran dengan penglihatan yang membuat mereka bisa mengambil manfaat darinya. Hal itu terjadi pada mereka sesudah mereka menentang dan tetap bersikukuh di atas kekufuran.

Lihat Juga :  One Day One Ayat: QS Ar-rad 28, Hanya Mengingat Allah Hati Menjadi Tentram

 

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

9. وَجَعَلْنَا مِنۢ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا (Dan Kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding)
Yakni Kami halangi mereka dari keimanan dengan berbagai penghalang, sehingga mereka tidak dapat keluar dari kekafiran menuju keimanan, seperti orang yang dihalangi oleh dinding di depan dan belangkangnya. Dan penghalang-penghalang ini tidak lain adalah karena keangkuhan, keengganan mereka untuk menerima dan mentaati kebenaran.

فَأَغْشَيْنٰهُمْ (dan Kami tutup (mata) mereka)
Yakni kami tutup penglihatan mereka.

فَهُمْ(sehingga mereka)
Akibat hal itu.

لَا يُبْصِرُونَ(tidak dapat melihat)
Yakni mereka tidak dapat melihat jalan petunjuk, dan buta terhadap hari kebangkitan serta untuk menerima syari’at-syari’at yang ada di dunia.

Referensi : https://tafsirweb.com/7965-surat-yasin-ayat-9.html

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button