KELUARGA

Ustad Adi Hidayat : Manfaat Doa Allahumma Faqqihhu Fiddin, Meningkatkan Kecerdasan Anak Hingga 10 Kali Lipat

AsSAJIDIN.COM — Ustaz Adi Hidayat mengatakan dalam kanal Youtube miliknya Adi Hidayat Official, beliau mengatakan doa  Allahumma faqihhu fiddin dapat menjadi bacaan doa sebelum belajar.

Doa tersebut dapat meningkatkan kecerdasan otak hingga 10 kali lipat. Doa tersebut merupakan bentuk permohonan keberkahan ilmu yang diterima kepada Allah SWT.

Ustaz Adi Hidayat juga menuturkan bahwa ilmu yang diberkahi Allah SWT akan diberikan penjagaan sepanjang hidup kita oleh-Nya.

Keutamaan Doa Allahumma Faqqihni Fid din Wa’alimni At Ta’wil
Banyak keutamaan jika kita memulai belajar dengan berdoa. Selain dimudahkan dalam pelajaran sulit, ilmu yang kita peroleh akan mendapat keberkahan. Ilmu yang berkah tidak akan cepat hilang dari ingatan kita. Selain itu, ada beberapa keutamaan lainnya, yaitu:

Anak Perlu Mengenal Tuhan

Belajar agama Islam akan membantu anak mengenal Allah. Pastikan bahwa anak memahami keberadaan Allah dengan mengenalkan kebesaran-Nya.

Selain itu, sertakan juga ilmu agama dalam setiap aktivitas sehari-hari anak. Misalnya, mengajarkan doa harian pada anak. Semua ini bertujuan untuk memperkenalkan kebesaran Allah kepada anak. Memperkenalkan Allah juga merupakan langkah awal orang tua dalam mengajarkan nilai-nilai positif kepada anak dan mengajarkan mereka untuk selalu bersyukur atas apa yang mereka miliki.

Lihat Juga :  Doa dan Amalan Agar Usaha (Dagangan) Lancar Rezeki

Membentuk Karakter Baik pada Anak

Pendidikan agama sejak dini akan membentuk karakter anak di masa depan. Mengenalkan asma-asma Allah dan menceritakan kisah inspiratif Nabi dan Rasul akan membantu anak memahami apa yang benar dan apa yang salah. Anak juga akan memiliki moral yang baik.

Ketika anak telah memiliki pemahaman agama yang kuat sejak kecil, maka saat tumbuh dewasa, mereka akan lebih tahan terhadap pengaruh negatif di sekitarnya. Ini karena anak telah memiliki dasar yang kuat sejak kecil. Belajar agama tidak hanya bermanfaat untuk memperbaiki hubungan sosial, tetapi juga untuk kebaikan diri sendiri.

Membentuk Fondasi Keimanan yang Kokoh

Seperti peribahasa, “Belajar di masa kecil seperti mengukir di atas batu, belajar saat dewasa seperti mengukir di atas air.” Oleh karena itu, sangat penting untuk mengajarkan agama Islam kepada anak sejak usia dini untuk mempersiapkan mereka menghadapi kehidupan di masa depan.

Mengajar anak tentang asma Allah, malaikat, kisah Nabi dan Rasul, salat, doa-doa, dan membaca Al-Quran perlu dimulai sejak dini agar anak lebih mudah mengingatnya. Dengan demikian, fondasi keimanan mereka akan semakin kuat seiring berjalannya waktu hingga dewasa.

Lihat Juga :  Ayah-Bunda Jangan Pernah Jemu Mendoakan Anak, Seperti Nabi Ibrahim AS

Landasan Hukum Doa Allahumma Faqqihni Fid din Wa’alimni At Ta’wil
Dalam riwayat hadis, Ibnu Abbas mengatakan:

Beliau menceritakan bahwa Rasulullah saw berada di rumah Maimunah ra (bibi Ibnu ‘Abbas). Beliau menyiapkan air wudhu untuk Rasulullah pada malam itu. Maimunah berkata, “Wahai Rasulullah, yang menyiapkan air wudhu untukmu adalah Ibnu ‘Abbas.” Rasulullah saw berkata,

“Ya Allah, berikanlah dia pemahaman dalam agama (Islam) dan ajarkanlah ilmu tafsir kepadanya.” HR. Ahmad dalam al-Musnad 1/328 dengan sanad yang baik.

Dalam riwayat lain, Ibnu Abbas berkata: Nabi saw memelukku ke dadanya, dan beliau berkata,

“Ya Allah, ajarkanlah hikmah kepadanya.” HR. Bukhari no. 3756.

Dalam kedua hadis di atas, objek yang menerima doa adalah Ibnu Abbas ra dan yang mendoakan adalah Rasulullah saw.

Setelah mengetahui kalimat allahumma faqqihni fid din wa’alimni at ta’wil, Anda dapat mengajarinya kepada anak sebagai bacaan doa sebelum belajar. Ajarkan juga kepada anak Anda doa Nurbuat agar ia mendapat perlindungan dari Allah SWT dalam setiap langkahnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button