MOZAIK ISLAM

Masya Allah, inilah Masjid Satu-satunya yang Berdiri di Korea Utara

 

ASSAJIDIN.COM –Korea UtaramUtara sebuah negara yang sangat tertutup. Tak hanya bermusuhan, kondisi negara ini juga amat kontras dengan tetangganya, Korea Selatan.

Di Korea Utara, Kim Jong Un bukan sekedar pemimpin negara, dia dan kroninya menjelma sebagai penguasa mutlak yang menguasai berbagai sektor kehidupan.

Tidak ada kebebasan beragama di Korea Utara. Pemerintah Komunis dibawah pimpinan keluarga Kim Jong Un tidak mengizinkan kelompok agama yang tidak sah untuk melakukan kegiatan keagamaan mereka. Bagaimana dengan muslim di sana? Ada kah mereka?

Kendati tak memberikan kebebasan beragama, bukan berarti tidak ada orang yang beragama di sana. Pusat Penelitian Pew memperkirakan, ada 3.000 Muslim di Korea Utara pada 2010. Jumlah ini meningkat dari 1.000 Muslim pada 1990. Siapa saja mereka?

Lihat Juga :  9 Kewajiban Pengurus Masjid untuk Pastikan Shalat Berjamaah Aman Covid-19 Bagi Jemaah

Mayoritas muslim di Korea rupanya didominasi oleh muslim pendatang dari berbagai negara. Pada 2013 lalu, sebuah masjid di didirikan di kompleks kedutaan Iran di Pyongyang. Masjid yang terletak di sebelah kedutaan Rumania itu merupakan rumah ibadah kelima yang berdiri di negara tersebut.

Masjid bernama Ar-Rahman itu merupakan satu-satunya masjid di Korea Utara. Masjid itu kemungkinan dibangun khusus untuk staf kedutaan Iran yang beragama Islam, tetapi kunjungan oleh orang asing lainnya dianggap memungkinkan juga. Sehingga masjid ini menjadi tempat ibadah satu-satunya bagi muslim mancanegara yang berkinjung ke Korut.

ABNA melaporkan, Masjid Ar-Rahman terbuka untuk Muslim Syiah dan Sunni. Dikutip dari Muslimpress, Selasa (28/4/2020), setiap shalat Jumat, sebagian besar umat Islam akan shalat di Masjid Ar-Rahman terlepas dari perbedaan sekte mereka.

Lihat Juga :  Jangan Ragu "Berjual Beli" dengan Allah, Kisah Inspiratif Seorang Petani

Arsitekturnya terinspirasi dari arsitektur Syiah. Kedutaan Iran memungkinkan Muslim lain untuk mengambil bagian dalam kegiatan keagamaan seperti doa, shalat Jumat dan upacara keagamaan lainnya. [*/SUMBER: NK NEWS | CNN | ABNA | MUSLIMPRESS/islampos]

Tags
Close
Close